Part 1: 14 Agustus 2010
1. Bagi yg belum tahu, ia (di Eropa disebut “Averroes”) pemikir yg pengaruhnya ke dunia akademi + pemikiran masa itu amat penting. #Rusdh)
2. Berkat Ibn Rushd dunia akademi Eropa kenal Aristoteles, setelah berabad-abad menyingkirkan filsafat Yunani yg dianggap “kafir”. #Rushd
3.Sebabnya: setelah agama Kristen menguasai Eropa, sekolah2 filsafat Yunani (yg “pagan”) tergusur ke sekitar Damaskus dll. #Rushd
4. Sejak abad ke-9, di Baghdad, sultan2 dinasti Ummayah mengirim orang utk dapatkan karya2 Yunani, khususnya kedokteran + matematika #Rushd
5. Di tahun 830, Khalif Al-Ma’mun dirikan “Bayt al-Hikmah”, akademi ilmu + perpustakaan umum di Baghdad, 4 abad sebelum Ibnu Rushd #Rushd
5. Di balai itu diterjemahkan ratusan karya Yunani: sejak itu karya2 Plato dan Aristoteles dikenal dalam bhs Arab. #Rushd
6. Sejarawan Ibnu Khaldun anggap berkat balai itulah dunia Islam bangkit. Tapi ttg Baghdad sbg pusat ilmu, perlu cerita tersendiri. #Rushd
7. Kita kembali ke Ibnu Rushd – 400 tahun setelah Baghdad. Ia beruntung Spanyol yg Islam juga sebuah negeri yg menyukai pemikiran. #Rusdh
8. Dia lahir th 1126 di Cordoba. Ayah + kakeknya hakim agung di kota itu, dan Ibnu Rushd dididik jadi pakar hukum dan dokter. #Rushd
9. Waktu berusia 27, ia diperkenalkan ke Sultan (lebih tepat Khalif) oleh seorang filosof yg lebih tua, Ibn Tufail. #rushd
10. Ibnu Tufail ini tokoh terkenal. Ia penulis satu karya yg mungkin berpengaruh kpd “Robinson Crusoe” karya Defoe di Inggris kelak. #Rushd
11. Karya Ibnu Tufail, “Hayy Ibn Yaqzan”, berkisah ttg bocah yg terbuang sendirian di sebuah pulau dan hidup berkat seekor kambing. #Rushd
12. Di pulau terpencil itu Hayy belajar sendiri sejak membuat sepatu sampai dgn astronomi, theologi dan filsafat. #rushd
13. Sebelum saya kembali ke Ibnu Rushd, saya lanjutkan kisah “Hayy Ibn Yaqzan” karya Ibnu Tufail. #rusdh
14. Nah, ketika Hayy, si anak terbuang sendiri itu berumur 49, ke pulau itu datang seorang sufi bernama Asal. #rushd
15. Asal mengajari Hayy bahasa — satu hal yg aneh, bagaimana sebelumnya Hayy bisa menguasai astronomi dan theologi tanpa bahasa. #rusdh
16. Tapi pendeknya, Asal bahagia menemukan bhw Hayy dengan usaha sendiri mengenal adanya Tuhan. #rushd
17. Mungkin lebih baik orang hidup sendirian dan mengenal Tuan, ketimbang yg dialami Asal di tempat yg pernah ia diami. #rushd
18. Asal bercerita ia kecewa kpd orang ramai yg ditinggalkannya. Mereka ini cuma beramal krn mengharapkan pahala dan takut neraka. #rushd
19. Mendengar ini, Hayy tertarik utk mengajari orang ramai itu beragama dgn cara yg lebih filosofis. Nah, ia pun pergi. #rushd
20. Di keramaian pasar, Hayy mulai berceramah. Tapi tak ada yg peduli. Atau tak paham. Maka Hayy kembali ke pulaunya yg sepi. #rushd
21. Kesimpulannya: orang ramai itu memang perlu agama sbg cara untuk penertiban sosial. Perlu mithos, janji surga + ancaman neraka #rushd
22. Hayy memilih utk tetap hidup di pulau bersama Asal, seraya mengabdi Tuhan bersama “Akal yang Aktif”. #rushd
23. Begitulah kisah dlm karya Ibnu Tufail. Ini membuat namanya tambah termasyhur. Ia sendiri sdh punya akses ke Khalif Abu Yaqub. #rushd
24. Jadi tak mengherankan bila Ibnu Tufail-lah yg perkenalkan Ibnu Rushd ke Khalif langsung. Apalagi pemimpin ini tertarik filsafat. #rushd
25. Perkenalan dgn sang Khalif itu terjadi sekitar th 1153, ketika Ibnu Tufail berusia 46 dan Ibnu Rushd (spt sudah disebutkan) berumur 27.
26. Ibnu Rusdh mengisahkan pertemuan itu dgn menarik. “Saya dihadapkan kepada Khalif yg sedang sendirian duduk dgn Ibnu Tufail”. #rushd
27. Ibnu Tufail memperkenalkan anak muda itu dengan puji-pujian “yang saya tak berhak mendapatkannya”, tulis Ibnu Rushd. #rushd
28. Sang Khalif membuka percakapan dgn bertanya: “Apa pendapat para filosof langit dan surga? Kekal atau ada titik awalnya?” #rushd
29. “Saya ketakutan dan bingung”, tutur Ibnu Rushd, “dan cari akal utk tak menjawab”. #rushd
30. Tapi sang Khalif sopan. Ia berpaling ke Ibnu Tufail. Dan percakapan berlanjut membahas Plato, Aristoteles dan filosof lain. #rushd
31. Dari cerita ini tergambar sedikit satu saat yg menarik dari kerajaan Islam di Spanyol: sang Emir mengikuti perdebatan filsafat. #rushd
32. Setelah percakapan itu, sang Emir memberi Ibnu Rushd sejumlah hadiah.15 tahun kemudian ia diangkat jadi hakim agung di Sevilla. #rushd
33. Bahkan dgn rekomendasi Ibnu Tufail, Ibnu Rushd dapat tugas dari Emir utk menulis tafir ttg pemikiran Aristoteles. #rushd
34. Pengumuman: kita beristirahat dulu. Nanti malam, menjelang sahur, Insya Allah saya coba teruskan. #rushd
=======================
Part 2: 15 Agustus 2010
36. Bagi yg belum sempat membaca Timeline dgn hagstag #rushd, saya sarikan sedikit bagian terakhir Kul-Twit y.l. #rushd
37. Syahdan, Ibnu Rushd diundang bertemu dgn Emir Abu Yakub Yusuf. Ia diperkenalkan kpd baginda oleh Ibnu Tufail. Itu sekitar 1153. #rushd
38. Yg mengesankan: Sang Emir ternyata menggeluti dunia pemikiran. Ia bertanya ttg ide kekekalan alam semesta kekal #rushd
39. Sang Emir berdiskusi ttg pandangan Plato, Aristoteles dll. dengan Ibnu Tufail. Ibnu Rushd, 27 tahun, lebih banyak mendengarkan. #rushd
40. Tapi sehabis pertemuan, Emir menghadiahinya uang, kuda, jubah kehormatan. 16 thn kemudian ia diangkat jadi hakim agung di Sevilla. #rushd
41. Tiga tahun kemudian, hakim agung di Cordoba. 10 thn kemudian, ia diundang ke Marraqesh, ibukota, utk jadi dokter raja. #rushd
42. Waktu itu kepiawaian memang bisa bercabang; mungkin krn spesialisasi belum tajam. Dan Ibnu Rushd bukan dokter main2. #rushd
43. Ia menyusun satu ensikopledia kedokteran, “Kitab al-Kuliyat fi-i-tibb”. Disalin ke bhs Latin, dipakai luas di universitas Eropa. #rushd
44. Tapi tugas lain yg penting: membuat komentar ttg karya-karya Aristoteles, yg sdh diterjemahkan ke bhs Arab sejak abad ke-9. #rushd
45. Utk tiap karya besar Aristoteles, ia buat ikhtisar, lalu komentar pendek, lalu komentar panjang utk mahasiswa yg lebih lanjut. #rushd
46. Kerja ilmiah itu berlangsung sejak 1169 s/d 1195. Hampir semua karya Aristoteles dia garap, kecuali ttg kenegaraan, “Politica”. #rushd
47. Ttg kenegaraan, Ibnu Rushd menuliskan komentarnya atas karya termashur Plato, “Republik”. Sayang versi asli komentarnya hilang. #rushd
48. Komentar atau “syarah” Ibnu Rushd ini kemudian diterjemahkan ke bhs Ibrani dan Latin. Pengaruhnya mendalam ke dunia Kristen #rushd
49. Kata para pakar, komentar Ibnu Rushd jernih dan mendalam. Ia gunakan karya2 Themistius, al-Farabi, Ibnu Sinna dan Ibnu Bajjah. #rusdh
50. Karyanya sendiri, yg bukan syarah Aristoteles dan Plato, banyak yg hilang, belum ditemukan, terutama di bidang hukum. #rushd
51. Tentu saja karyanya yg sampai kini termashur “Tahafut at-Tahafut”, satu tangkisan thd seragan al-Ghazali thd para filosof. #rusdh
52. Sudah dikenal, Al-Ghazali menyerang para filosof (al Farabi, Ibn Sinna) dgn buku “Tahafut at-Filasifa”, k.l. dua abad sebelumnya. #rushd
53. Hari Minggu depan, INsya Allah saya coba cerita ttg Al-Ghazali, sbg pengantar. Kini ttg Ibnu Rushd saja dulu. #rushd
54. O, ya. Ejaan yg benar: Ibnu Sina, yg di Barat dikenal sbg Avicenna. #rushd
55. Dlm karya lain, risalah ttg “persesuaian hukum agama dgn filsafat”, Ibnu Rushd yg mengunggulkan peran metafisikawan. #rushd
55. Menurut dia, pakar metafuisika-lh, dan bukan muttakalimun (para theolog dialektik) yg bisa dgn baik menafsir ajaran agama. #rushd
56. Tujuan filsafat: menemukan kebenaran terdalam dari Quran. Tapi ini tak boleh diwartakan ke khalayak ramai, kata Ibnu Rushd. #rushd
56. Tampak Ibnu Rushd gunakan tiga jenis argumen Aristoteles: 1. demonstratif, 2. dialektik, 3. persuasif. Yg ketiga utk orang ramai. #rushd
57. Tapi betapapun gemilamngnya Ibnu Rushd, ia gagal memulihkan kehidupan pemikiran di sekitarnya, di Spanyol dan Afrika Utara. #rushd
58. Di abad ke-12 itu Ibnu Rushd tak bisa bebas dari gerakan pembaharuabn Ibnu Tumart (1078-1130) yg lebih puritan dan “populis”. #Rushd
59. Dlm pada itu, peran fuqaha (pakar fiqih, hukum agama) dan mutakallimun makin kuat. #Rushd
60. Ibnu Rushd memang dpt perlindungan Emir Abu Yakub, kpd siapa ia persembahkan karyanya, syarah ttg “Republik” Plato. #rushd
61. Tapi keadaan berubah tiba2. Ketika perang memanas antara kerajaan Islam ini dgn kekuatan Kristen Spanyol, semua diperketat. #rushd
62. Ibnu Rushd dicopot dari jabatannya, dibuang ke Lucena di tahun 1195. Ia dimusuhi kaum fuqaha, malah dikeroyok massa. #rushd
63. Ia kemudian memang dipanggil kembali oleh istana, tapi ia tak bisa seperti dulu lagi. #rushd. MAGHRIB!
64. Kembalinya Ibnu Rushd tak menolong filsafatnya. Penguasa tak berani memusuhi ulama yg berpegang fiqih + berpengaruh luas. #rushd
65. Tahun 1194, Emir Abu Yusuf Yaqub a-Mansur perintahkan bakar semua karya Ibnu Rushd kecuali yg menyangkut ilmu alam. #Rushd
66. Juga Emir melarang rakyatnya belajar filsafat dan membasmi semua buku pemikiran. Bahkan ada pemikir yg dihukum mati. #rushd
67. Apa yg membuatnya begitu dimusuhi para ulama masa itu? Saya coba sarikan pikirannya berdasar tulisan Dr. Ibrahim Y. Najjar. #rushd
68. Dlm buku “Fasl al-Maqal”, yg terbit setelah “Tahafut al-Tahafut”, ia memujikan keselarasan antara agama dan filsafat. #rushd
68. Ia samakan filsafat dan agama sbg saudara sesusu, yg saling membutuhkan dlm mencari kebenaran yg sama #rushd
69. Ibnu Rushd agaknya perlu mengemukakan hal itu buat meredakan ketakutan para theolog akan bahaya filsafat bagi orang ramai. #rusdh
70. Tapi dlm buku “Al-Kashf ‘an Manahij al-Adilla fi ‘Aqaid al-Milla”, Ibnu Rushd lebih tajam. Ia mengedepankan rasionalitas. #rushd
71. Baginya, tafsir Qur’an yg tak sesuai akal, tak layak dipertahankan, apalagi disebar-luaskan ke orang ramai. #rushd
72. Baginya, kaum theolog atau Mutakallimun memperdayakan orang ramai. Mereka merasa berhak menentukan mana yg murtad dan tidak. #rushd
73. Kaum mutakallimun, “menolak siapa saja yg tak setuju dgn mereka sbg murtad atau kafir dan darahnya milik siapa saja”. #rushd
74. Dgn mengatakan itu Ibnu Rushd mencoba menghentikan pengaruh politik kaum mutakallimun, tapi gagal. Ia sendiri yg kena. #rushd
75. Ibnu Rushd juga mengritik pemikiran kaum pengikut Asy’ari, meskipun ia memuji pendekatan rasional mereka. #rushd
76. Misalnya, bagi kaum Asy’ariah, dunia diciptakan oleh Pencipta. Sang Pencipta kekal adanya, berada di luar jangkauan waktu. #rushd
77. Tapi dunia yg diciptakan-Nya terkait waktu: sebelumnya tidak ada, kemudian ada. #rushd
78. Nah, jika demikian, Sang Pencipta pernah berada dlm keadaan sebelum-ada-dunia. Kalau begitu Ia terkait waktu, dong? #rushd
79. Perdebatan dgn kaum Asy’ariah terlampau rumit utk diuraiakan di Kul-Twit. Saya persilakan mencari lebih jauh sendiri. #rushd
80. Begitu juga komentar Ibnu Rushd ttg kaum Mu’tazillah + Batiniyah. Yg ia tak ladeni: mereka yg menafsirkan Quran secara harfiah. #rushd
81. Tapi perdebatan filsafat ttg Tuhan dan tafsir itu, sejak zaman al-Ghazali, menunjukkan tingkat analisa yg mengagumkan. #rushd
82. Semua itu punah setelah filsafat dimusuhi, sejak 1200. Matinya kebebasan berpikir itu juga menyebabkan ilmu2 mandeg. #rushd
83. Zaman emas ilmu seperti di masa Baghdad sekitar abad ke-9 (ditemukannya logaritma, ilmu optik dll) tak kembali lagi. #rushd
84. Sementara itu, pengaruh Ibnu Rushd masuk ke bagian Eropa yg Kristen. Di sini pemikiran berkembang, meski tetap dihalangi agama. #rushd
85. Syarah Ibnu Rushd atas karya Aristoteles mula2 diterjemahkan ke bahasa Ibrani, lalu ke Latin. Pengaruhnya bisa mengguncangkan. #rushd
86. Misalnya pada pemikiran Siger de Brabant (1240 – 1280) yg kemudian dituduh “murtad” dan melarikan diri dari Paris ke Italia. #rushd
87. Siger dianggap pembawa arus “Ibnu-Rushdisme” yg memperkenalkan pemikrian Aristiteles yg tak cocok dgn iman Kristen. #rushd
88. Usaha membersihkan filsafat dunia Kristen dari pengaruh Ibnu Rushd dilakukan oleh Thomas Aquinas yg mashur dgn “Summa Theologia”. #rushd
89. Saya pernah lihat lukisan fresko abad ke-14 yg menggambarkan “kemenangan Santo Thomas Aquinas” atas Ibnu Rushd. #rushd
90. Tapi di th 1852, filosof Prancis Renan katakan: meski St. Thomas memusuhi Ibnu Rushd, dialah “murid agung sang Komentator Agung”. #rushd
91. Sudah hampir tengah malam. Pasti sudah pada ngantuk. Kultwit ditutup. Yg tadi bawa makanan harap dihabiskan. Sekian. #rushd
Catatan: Yg ingin cari lebih lanjut ttg Ibnu Rushd bisa telusuri Google. Banyak tulisan berbahasa Indonesia yg bagus. #rushd
Buku riyawat hiduo Ibnu Rushd, oleh Majid Fakhry dll bisa didaoat di Perpustakan Freedom Institute, di Jl, Proklamasi. #rushd
Kul-twit ini, ddatri seorang yg bukan pakar, sekedar “appetizer” ringan untuk yg ingin memasuki dunia pemikiran Islam. #rushd
retweeted by gm_gm: Bagaimanapun fiqh mudah dipahami orang ramai, sebaliknya filsafat hanya bisa diakses segelintir. Perlu penerjemah yg baik
comment : pak, saya benar2 ingin tau, bgaimana akhir hidup para filsuf, apakah mereka menemukan jawaban atau ttp dlm kebingungan.
gm_gm : Tiap jawaban yg didapat akan selalu dapat pertanyaan baru. Taapi filosof tak bingung, sebab mereka terbiasa berpikir.
comment : sy pikir, berpikir itu suatu proses yg alami, tak berhenti, slalu spt mencari. tapi ternyata tak semua boleh mengalami..
gm_gm : Berpikir itu untuk semua orang, Luzie. Kelebihan para filosof: mereka terlatih utk berani bertanya sampai ke akar persoalan.
No comments:
Post a Comment