Follow kami di: Twitter , Tumblr, Wordpress, dan Facebook

#Rm "Raja Mogok" oleh @gm_gm

1, Ting! Nanti malam saya akan cari waktu utk cerita ttg seorang keturunan raja Jawa yg aktif dlm aksi pro-buruh di masa kolonial. #Rm

2. Bagi yg punya informasi tambahan disilakan menyusulinya setelah kul-twit selesai. Tksh. #Rm

3. Tokoh itu kakak Ki Hajar Dewantara, yg juga aristokrat dlm Kraton Pakualaman yg waktu muda seorang aktivis yg radikal. #Rm

4. Benar, ia dijuluki "Raja Mogok": cucu Baginda Paku Alam yg ternyata aktif menggerakkan pemogokan buruh. #Rm

5. Riwayatnya tentu sdh ditulis orang. Salah satunya oleh Bambang Sukawati, anak Ki Hajar yg pernah ikut dlm organisasi pro-PKI. @Rm

6. Bagi yg sudah membaca ttg dia, tak perlu mengikuti kul-twit ini. Tapi boleh ikut ujian..#Rm.


7. Sementara ini kul-twit ditunda dulu. Saya sdg dlm taksi ke arah Senayan. Nggak bisa nyontek. Bahan ada di rumah. Maaf, maaf. #Rm

@Nclavar Pertanyaan anda menarik. Tapi saya belum punya bahan utk menjawab. Budiawan mungkin bisa terangkan.

Kata survei LSII, banyak yg setuju kalau kul-twit ttg Raja Mogok diadakan setelah pertandingan MU nanti. LSII: Lembaga Survei Iseng-iseng.

RT @toscasantoso: setuju. Segala kegiatan memang harus ditunda sampai derby manchester usai. Kecuali kalau yg sdang cari ktp.

Perlu ada buku "How to Survive Ostentatious, Large-scale, Crowded, Indonesian Wedding Receptions"...

Ternyata saya nervous menghadapi dua hal. (1) resepsi (2) hari libur.

@tika_herlambang Saya bukannya "galau". Cuma "gilo".

Nah. MU sdh menang (saya memihak City) dan kul-twit Raja Mogok akan dilanjutkan. Tapi saya hrs nyetir pulang dulu. Sejam lagi, ok?

8. Ting! Baru tiba di rumah dari Salihara. Nah, Kul-twit dimulai lagi. Kalau lewat tengah malam belum selesai, besok dilanjutkan.#Rm

9. Tokoh cerita ini dilahirkan 11 Agustus 1875. Nama kecilnya Iskandar. Kemudian Raden Mas Suryopranoto. Dia cucu Paku Alam III. #Rm

10. Pakualaman sebuah kerajaan kecil di Yogyakarta, di samping Kesultanan di bawah Hamengku Buwono. Ini sejak 1812. #Rm

11. Berdirinya kerajaan Paku Alam di samping Kesultanan adalah hasil intervensi Raffles, wakil kekuasaan Inggris di Indonesia. #Rm

12. Paku Alam I dinobatkan Raffles - yg sebelumnya mengasingkan Hamengku Buwono II yg membangkang ke Pulau Penang. #Rm

13. Tak jelas, apakah hubungan mesra dgn penguasa Inggris ini kelak akan mewarnai sikap keluarga Paku Alam thd musuh Inggris: Belanda.#Rm

13. Yg jelas, ketika Belanda mengambil alih kekuasaan Inggris, Paku Alam II, yg menggantikan ayahnya, melakukan satu hal yg simbolis. #Rm

14. Para putra 'sentana', keluarga raja, diberi pangkat militer dlm 'Legiun' yang setara dengan kedudukan opsir Belanda.#Rm

15. Tapi pada tahun 1892, pemerintah kolonial membubarkan legiun Paku Alaman itu. Pihak Paku Alam menuntut kompensasi yg menarik. #Rm

16. Dlm buku yg ditulis Drs. Suratmin (terbit 1981/82), disebutkan Paku Alam minta anak2 keluarga raja diterima di sekolah Belanda. . #Rm

17. Justru dgn bekal pendidikan Eropa itu, kelak lahir pembanhkang baru: Iskandar yg kemudian disebut R.M. Suryopranoto dan adiknya.#Rm

18. Iskandar dan adiknya, Suwardi (yg kelak jadi Ki Hajar Dewantara) memang sudah menunjukkan temperamen pembrontak sejak sekolah.#Rm

19. Iskandar, yg cerdas dan jangkung (dijuluki "Landung'), berani membantah guru dan siap berkelahi menghadapi anak2 Belanda.#Rm

20. Tapi bukan hanya itu yg membuatnya jadi seorang yg membangkang kepada keadaan masyarakat di bawah pemerintahan kolonial. #Rm

21. Ayah Iskandar, Pangeran Suryaningrat, seharusnya dinobatkan jadi Paku Alam IV. Tapi tak dianggap bisa, karena ia buta. #Rm

22. Karena cacat itu pula, Suryopranoto dan adik-adiknya dititipkan kepada para paman. Suryopranoto ikut seorang paman yg hidup di desa.#Rm

23. Di desa Kwarakan di Klaten itulah Iskandar bergaul dgn rakyat kecil yg hidupnya terjepit. Sikap egaliternya tumbuh di sini.#Rm

24. Ia jadi seorang aristokrat yg menanggalkan gelarnya dgn tak diam-diam: ia gergaji kata 'Raden Mas" dari papan namanya. #Rm

25. Pemerintah Hindia Belanda tak menyukainya. Ia lulus dgn baik dari sekolah menengah, tapi dijadikan pegawai jauh di Tuban.#Rm

26. Ia mudah konflik dgn atasannya, dan akhirnya dipindah ke Bogor. Di sini ia sempat belajar dua hal: theosofi dan silat. #Rm

27. Puncak konfliknya dgn birokrasi kolonial terjadi di Temanggung. Ia saksikan seorang pegawai dipecat krn jadi anggota Sarikat Islam.

30. Wah, sudah jam setengah satu lewat tengah malam. Saya berhenti dulu. Besok saya sambung sekitar tengah hari. Terima kasih. #Rm

Untuk mengiringi perjalanan malam, atau di bantal sebelum tidur: Harlem Nocturne. youtube.com/watch?v=E2K15l…

Seandainya saya matahari, saya tak akan berkeberatan dgn hujan deras pagi. Tapi saya bukan matahari. Matahari tak perlu jogging...

Di Senayan ada dua semboyan. Sebelah sini, para pelari: Men sana in corpore sano. Sebelah sana, politisi: Maen sana korupsi sini.

@aviantiarmand Terima kasih. Di dalam tubuh yg sehat, terdapat entah apa.

28. Ting! Sambil anda makan siang, saya teruskan Kul-Twit tentang "Raja Mogok'. Siap? #Rm

31. Menyaksikan pegawai gubernemen itu dipecat gara2 ketahuan jadi anggota Sarikat Islam, Suryopranoto protes. #Rm.

32. Ia robek-robek ijazahnya sendiri. Keluar dari pekerjaan. Bersumpah tak akan bekerja lagi pada pemerintah Hindia Belanda. #Rm

32. Utk keperluan hidup, Suryopranoto mengajar di kursus2 dan menulis di suratkabar. Hidup berat. Tapi isterinya tabah. #Rm

33. Dari perkawinannya terlihat sedikit hubungan elite sosial Jawa saat itu. Istrinya bukan dari kaum 'abangan'.#Rm

33. Istrinya bukan dari kalangan kraton: Jauharin Insiyah, anak 'pengulu' Karanganyar, meski disebut bergelar Raden Ayu.#Rm.

34. Lebih menarik, tampak batas kaum 'ningrat' yg sering dianggap 'bukan-santri' dgn kaum 'santri' tdk ketat. #Rm

35. Dlm buku Bambang Sukawati, Pangeran Suryaningrat, ayah Suryopranoto, disebut oleh ulama Kraton sbg 'taat pada agamanya'. #Rm

36. Sebelum saya lanjutkan, perlu saya sebutkan: informasi dlm buku yg disusun Bambang Sukawati sering tak sama dgn buku Drs. Suratmin.#Rm

37. Bambang Sukawati itu anak bungsu Ki Hajar Dewantara, keponakan Suryopranoto, yg pernah bekerja di koran PKI, Harian Rakjat. #Rm

38. Waktu Or-Ba naik, PKI disikat habis. Bambang Sukawati dipenjarakan di Wirogunan, Yogya. Tapi konon Sultan HB IX menyelamatkannya. #Rm

39. Mana yg lebih bisa dipercaya di antara sumber2 yg saya sebut tadi, biarlah sejarawan yg mengeceknya. Kita teruskan saja kisah ini.#Rm

40. Yg tampak dari sumber2 itu adalah sifat Suropranoto yg berani, keras, dan tak tanggung2 dlm menggugat ketidak-adilan.#Rm

41. Ada satu kejadian dlm cerita Bambang Sukawati: Suryopranoto alias Iskandar mengusir seorang 'Sayid' dari masjid.#Rm

42. Orang ini mengaku ke kalangan santri ia keturunan Nabi. Tapi ia juga 'rentenir'. Iskandar --yg menyelidikinya - tahu itu.#Rm

43. Suatu Jum'at, Iskancar dan adik2-nya yg mendampingi ayahnya shalat, mencegah 'Sayid' itu masuk masjid. Bahkan diusir. #Rm

44. Iskandar punya bukti, 'Sayid' itu seorang warga negeri Afrika yy permah jadi kelasi di kapal Belanda dan dipecat. #Rm

45. Utk melawan praktek lintah darat, Iskandar mendirikan organisasi 'Mardi Kaskaya'. Tapi kemudian ia melangkah lebih jauh. #Rm

46. Maaf, jeda dulu. Sekitar dua jam lagi akan saya ceritakan peran dan posisi Suryopranoto dlm gerakan politik Islam dan buruh.#Rm

47. Ting! Saya teruskan: 'Mardi Kaskaya', yg berrfungsi sbg semacam kooperasi simpan-pinjam, merosot ketika Iskandar pergi.#Rm

48. Iskandar (Suryopranoto) ke Bogor utk belajar di Sekolah Pertanian. Selama di Bogor, selain mengenal theosofi, ia jumpa Douwes Dekker.#Rm

49. Douwes Dekker (kelak: Setiabudi) keturunan Belanda yg memusuhi kolonialisme Belanda. Iskandar kian sadar akan perjuangannya. #Rm

50. Riwayat hidup Douwes Dekker menarik. Saya pernah tulis sedikit di Catatan Pinggir. Tapi sementara ini kita terus dgn Raja Mogok.#Rm

51. Budi Utomo didirikan pada 1908 di Jakarta, tapi Kongres pertamanya di Yogya. Di situ Suryopranoto jadi Sekretaris Pengurus Besar. #Rm

52. Tak lama kemudian, BU pecah. Suryopranoto dan Cipto Mangunkusumo merasa organisasi ini masih sempit visinya. #Rm

53. Kita kemudian tahu, Cipto dan adik Suryopranoto, Suwardi, bersama Douwes Dekker, mendirikan partai nasionalis pertama. #Rm

54. Partai itu, Indische Partij, membuka diri bagi siapa saja -- tanpa beda suku, ras, agama -- yg berjuang utk kemerdekaan Indonesia.#Rm

55. Suryopranoto kemudian bergabung dgn Serikat Islam bersama H.O.S. Cokroaminoto, sebuah organisasi yg berkembang pesat. #Rm

56. SI bukan organisasi yg menuntut kemerdekaan. Tapi konfrontasi dgn pemerintah kolonial tak terelakkan, krn keadaan mendesak.#Rm

57. Setelah Peradng Dunia I, ada keharusan petani menyerahkan sebagian padi ke pemeintah. Rakyat melawan. Terutama di Garut. #Rm

58. Dipimpin Haji Hassan ARief, rakyat Garut membangkang. Pemerintah datang dgn paksa. SI mengirim Suryopranoto utk membela rakyat.#Rm

59. Dari peristiwa ini Suryopranoto dan Cokroaminito ditangkap. Dihukum 9 bulan. Keluar dari bui, ia kembali ke Yogya. Makin aktif.#Rm

60. Ia gerakkan berdirinya berbagai organisasi (utk pegawai candu, garam, guru, pabean), sbg tandingan organisasi pro-Pemerintah. #Rm

61. Ia juga dukung Jong Islamiten Bond, dan hadir dlm kongres di Yogya tahun 1925, bersama tokoh2 pergerakan, termasuk orang Ahmadiyah.#Rm

62. Tapi yg paling menonjol perannya dlm gerakan buruh. Th 1917 ia dirikan PFB (Personeel Fabriek Bond), ikatan karyawan pabrik. #Rm

62. KIta jeda dulu, supaya jangan terlalu membosankan. Saya akan coba jawab beberapa pertanyaan dan komentar. #Rm

63. Soal Douwess Dekker: yg hidup di masa Suryopranoto BUKAN pengarang "Max Havelaar". Meskipun masih ada garis keturunan.#Rm

64. Ada tiga buku pokok yg saya pakai kali ini. Bisa anda cari. Masih hrs ditelaah akurasinya, tapi lumayan sbg pemancing riset. #Rm

65. (1) Raden Mas Suryopranoto/oleh Drs. Suratmin, (2) R.M. Suryopranoto. Bangsawan, Pendekar Rakyat Jelata/Bambang Sokawati Dewantara.#Rm

66. (3) Raja Mogok, R.M. Soerjopranooto, sebuah buku kenangan oleh Bambang Sukawati. Mungkin masih bisa didapat entah di mana.#Rm

67. Buku Drs. Suratmin terbitan Dep. Pend. & Kebud. Buku Bambang Sokawati Dewantara: Roda Pengetahuan. Yg satu lagi: Hasta Mitra. #Rm

@r3tmono Tidak ada hubungan darah ataupun waktu. Monsigneur Soegijopranoto berperan antara 1940-1950-an. #Rm

@arnand1990 Jika anda teringat MInke, tokoh "Bumi Manusia", mungkin karena periodenya atau soal2 kolonial yg ada hampir sama. #Rm

Kabar baik. Kisah hidup Douwes Dekker, "The Lion and the Gadfly", bisa diunduh gratis. Via Google. Sejarah yg belum luas diketahui.#Rm

Ting! Saya mohon diri. Ada kerja yg harus saya selesaikan. Cerita ttg 'Raja Mogok' saya teruskan nanti malam. Masih belum bosan?

@YunisTiaMR Untuk memperoleh buku itu mudah. Klik Google. Ketika "Douwes Dekker""The Lion and the Gadfly". Versif PDF.

68. Ting! Ini lanjutan kul-twit ttg 'Raja Mogok". Dalam PFB hyg dipimpn Suryopranoto, disebut terhimpun 50 ribu buruh. #Rm

69. Ia juga membina penerbitan utk buruh, mis. "Mustika". Tapi juga berkala dgn nama garang, "Suara Berkelahi". #Rm

70. Keadaan memang membuat garang. Mula2 serikat buruh SI lunak dlm menuntut perbaikan nasib. Tapi th 1919, tuntutan itu tak diacuhkan.#Rm

71. Dlm pidato di Kongres SI tahun itu, Suryopranoto bandingkan gaji orang Belanda pegawai pabrik gula dengan kuli penggali tanah.#Rm

72. Gaji si Belanda yg cuma duduk ongkang-ongkang: 500 ribu gulden setahun. Upah kuli, katanya, 0,5 sen. #Rm

73. Tak jelas akuratkah hitungan Suryopranoto, tapi pidatonya pas dgn suasana protes akan ketimpangan sistem kolonial. #Rm

74. Pidato itu efektif. Sarannya utk pemogokan diterima Kongres. 1920, pemogokan terjadi di pabrik2, kantor pegadaian dan kereta api.#Rm

75. Sejak itu koran2 milik Belanda di Indonesia menjuluki Suryopranoto 'De Stakings Koning', 'Raja Mogok'. #Rm

76. Dgn pelbagai alasan juridis, Suryopraoto dipenjarakan. Tiga kali itu terjadi. Melihat ia tak jera, pemerintah cari jalan halus.#Rm

77. Ia ditawari masuk parlemen yg dibentuk pemerintah kolonial, Volksraad. Ia menolak. Surat penolakannya surat yg berani. #Rm

78. 'Buat saya perjuangan masih berlangsung utk perkelahian. Utk sementara semua pertentangan politik diselesaikan di jalanan'. #Rm

79. Sikapnya yg keras dan terus-terang tak terbatas di situ. Ia punya musuh dalam partai sendiri, Serikat Islam. #Rm

80. Diceritakan, ia membongkar korupsi di kalangan pimpinan Persatuan Pegawai Hindia Belanda. Bersama dr. Sukiman, ia usul ada referanum.#Rm




81. Akibat referandum itu, seorang kader di pusat dipecat. Tapi di kalangan SI ini punya dampak yg tak terduga. Cokroaminoto marah. #Rm



82. Dlm Kongres di Jakarta 1933, Suryopranoto dan Sukiman dipecat. si Raja Mogok juga diharuskan minta maaf. Tentu saja menolak.#Rm

83. Suryopranoto yg keras itu dituduh 'komunis' - satu hal yg aneh, sebab kawannya, Sukiman, kemudian jadi tokoh Masyumi.#Rm

84. Bagi kalangan 'kiri' (merah), Suryopranoto juga dicurigai. Dlm satu konflik di Persatuan Pergerakan Kaum Buruh ia dimusuhi. #Rm

85. Ia dituduh mau menyingkirkan orang2 komunis. Juli 1921, tokoh komunis Semaun nyatakan Persatuan itu (PPKB) bubar. #Rm

86. Suryopranoto membantah. PPKB tak bubar, hanya Semaun dkk yg keluar dari federasi. Para anti komunis bertepuk memuji Raja Mogok.#Rm

86. Dari kejadian2 masa itu tampak, pelbagai aliran bertemu utk melawan kolonialisme -- dan ini jadi dasar pemikiran Bung Karno.#Rm

87. Persatuan 'Marxisme, Nasionalisme, Islamisme' yg dirumuskan Bung Karno ada dasarnya dlm pengalaman politik Indonesia.#Rm

88. Tapi perpecahan politik juga tak bisa dielakkan, sejak masa pra-kemerdekaan sampai dgn zaman 1960-an yg eksplosif. #Rm

89. Pertemuan 'ideologi" atau 'aliran' yg secara teoritis bertentangan tampaknya bisa terjadi sebagai elan pembebasan.#Rm

90. Tapi ketika elan ('semangat', 'spirit') itu menjelma dlm lembaga, terjadi keretakan dan konflik yg bisa sengit.#Rm

91. Tapi itu sekedar 'teori'. Saya akan memasuki akhir cerita saya ttg Si Raja Mogok: cucu raja yg menghapuskan hierarki.#Rm

92. Suryopranoto juga dikenal sbg pencetus gerakan 'Jawa Dwipa'. Tujuannya: menyetarakan derajat rakyat banyak dgn kelas atas.#Rm

93. Dlm tradisi Jawa waktu itu, orang kebanyakan harus membungkuk bahkan jongkok di hadapan petinggi: aristokrat ataupun Belanda.#Rm

94. Bhs Jawa juga punya tingkatan halus (krama) dan 'kasar' (ngoko). Gerakan 'Jawa Dwipa' ingin menghapuskan hal itu. #Rm

95. Ia memulai dgn contoh dirinya sendiri. Ia meminta agar ofrang bicara kepadanya dlm 'ngoko' dan tak membungkuk-bungkuk. #Rm

96. Ia mencopot gelar bangsawannya, Raden Mas. Dua kata itu dipotongnya dari papan nama di rumahnya. Sayang, gerakan itu gagal.#Rm

97. Sikap merunduk dan memakai bhs Jawa yg baik (dgn tingakatnnya) terus. Sampai kini masih ada orang yg ingin bergelar bangsawan,#Rm

98. Tentu saja bukannya tak ada perubahan. Tapi Suryopranoto sendiri, yg wafat dlm usia 88 di tahun 1959, tak banyak diingat lagi. #Rmi.

99. Ia wafat di Cimahi, dikubur di makam keluarga di Yogya. Presiden Sukarno memberinya gelar 'Pahlawan Kemerdekaan Nasional RI'.#Rm

100. Ia tetap tak setenar adiknya, Suwardi, kemudian jadi Ki Hajar Dewantara. Mungkin itu sebabvnya saya ingin mengingatnya hari ini. #Rm

101. Sekian. Cerita saya jauh dari lengkap. Ini hanya usaha agar teman2 bisa tertarik dan mencari lebih jauh. Saya harap saya tak gagal.#Rm

No comments:

Post a Comment