Follow kami di: Twitter , Tumblr, Wordpress, dan Facebook

#hurairah oleh @syukronamin

1. Siapa dan dari mana asal-usul Abu #Hurairah itu? Nama kecil dan asalnya ada 2 versi. Bahkan nama qabilah (sukunya) juga ada 2 versi.


2. Perlu diketahui Abu itu julukan (kunyah), seperti halnya Ummu. Abu #Hurairah maksudnya Bapak- Bapaknya kucing. Karena dia cat-holic.


3. #Hurairah lahir 21 tahun sebelum Hijriyah, nama kecilnya Abdu Syams / Abdu Syamsin (penyembah matahari). Ia asli Yaman.


4. Suku #hurairah yang populer adalah ad-dausy (sebuah suku peninggalan Ratu Bilqis), letaknya di arah menuju Hadhramaut-Yaman.


5. Suku #hurairah yang tidak populer adalah al-azdy di daerah Tihamah (arah menuju Saudi). Jadi asal-usulnya saja ada 2 versi.


6. #hurairah ketemu Nabi (masuk Islam) via Thufayl pada tahun 7 Hijryah saat Rasul menuju Khaibar. Saat itu, Ibunya masih benci Nabi.


7. Setelah masuk Islam, #hurairah berganti nama menjadi Abdurrahman, ada yang mengatakan Abdullah. Setelah itu Ibunya juga jadi muallaf.


8. Dikisahkan, saat awal-awal perjumpaan #hurairah dengan Nabi, dia pernah mengambil makanan Nabi. Dus, Nabi marah hingga memukul.


9. Pertama kali, Nabi memberi julukan Abu #hurairah, ketika ia ketauan mengantongi anak kucing di lengannya.


10. Konon, begitu sayangnya #hurairah pada kucing, ia pernah memotong jubahnya karena ada kucing tidur, dia mau pergi ke masjid. Lebay sih.


11. Banyak kisah-kisah yang lebay tentang #hurairah. Konon dia tiap harinya kelaparan, jadi buruh kasar di Madinah sampe mengganjal perutnya dengan batu.


12. Bagi kalangan sufisme, ketokohan #hurairah sangat dihormati, ia termasuk tokoh penting ahlu-suffah (orang-orang miskin di masjid)


13. Kata guru saya yang sufi. #hurairah pernah mengadu ke Rasul karena ingatannya sangat lemah. Akhirnya mendo’akan khusus dengan menggelar sorban.


14. Dalam sebuah kisah, saat ronda rumah Nabi, #hurairah pernah menangkap pencuri. Tapi karena dirayu, akhirnya pencuri dilepas. Kenapa ya?


15. Esoknya, #hurairah lapor Nabi, semalam melepas pencuri, tapi Nabi senyum seraya berkata pencuri akan datang lagi. Maksudnya apa?


16. Kisah pencuri yang dilepas #hurairah itu versi #sufisme. Konon maling itu syetan yang menggodanya dengan merayu.


17. Dari kecil hingga dewasa, #hurairah terkenal sebagai faqir. Namun nasibnya berubah drastis ketika dinikahkan dengan Bizrah anak orang kaya.


18. Konon (masih menurut #sufisme), #hurairah ketika sudah menikah sangat dermawan, dan malamnya rajin wiridan / qiyamul-lail.


19. #hurairah pernah diutus Nabi ke Bahrain untuk dakwah sekaligus memungut (jizyah) pajak dengan didampingi seorang sahabat dari Yaman pula.


20. Karena pengalamannya di Bahrain itu, pada era Umar r.a, #hurairah sempat ditunjuk menjadi Gubernur, meski akhirnya dipecat. Kenapa?


21. Umar sebagai Presiden saat itu, memecat #hurairah dengan dakwaan korupsi 10.000 ribu dinar. Tapi ia naik banding ke MK. Untung dia menang


22. #hurairah menang sidang, karena dia ternyata menternak kuda dan dapat hibah. Ia menang kasasi, tapi ngambek, ga mau jadi Gubernur lagi.


23. Setelah ngambek karena tuduhan korupsi tak terbukti itu, #hurairah balik lagi ke Madinah jadi rakyat biasa. Ia membuka kajian-kajian hadits.


24. Kekritisan Umar tidak berhenti setelah #hurairah menang kasasi. Umar pernah melarangnya untuk membuka kajian hadits, hanya boleh mengupas Quran


25. Umar yang liberal itu melarang #hurairah mengkaji hadits bukan karena politik (baca: benci). Tapi karena dia terlalu mengobral hadits palsu.


26. Umar melarang kajian hadits #hurairah karena dia didemo rakyatnya. Tapi, larangan itu berhenti setelah Bapak Kucing berjanji, apa itu?


27. Pelarangan kajian tersebut berhenti, setelah #hurairah berjanji kepada pemerintahan Umar untuk menjelaskan efek-domino hadits-hadits palsu.


28. Di era Utsman ketika terjadi fitnah besar-besaran, #hurairah bersama 700 sahabat pernah mengamankan istana Presiden dari pemberontak.


29. Di jaman Ali, #hurairah ternyata masih ngambek ga mau jadi Gubernur Madinah. Saat terjadi gap dengan Muawiyah, dia absen


30. #hurairah memang benar-benar ngambek jadi Gubernur, bukan trauma. Buktinya ia mau jadi Gubernur lagi jaman Muawiyyah atas usul Marwan.


31. Terlepas dari kontroversinya dalam dunia politik, #hurairah menurut mayoritas Ulama, hafalan haditsnya paling banyak. 5374 hadits. Wow?


32. Dari 5000 ribu lebih hadits #hurairah tersebut, ternyata pakar hadits terhandal Bukhari-Muslim menyaringnya menjadi hanya 325. Berapa % ya?


33. Dari ribuan hadits #hurairah tersebut, ternyata penuh konspirasi. Wajar jika pendukung Ali (baca: Syiah) sangat benci dia. Kenapa?


34. Bagi sekte Syiah, #hurairah itu penghianat. Meski dia berhari-hari dengan Nabi, tapi tidak mendukung kepentingan menantu Nabi.


35. #hurairah tidak menyampaikan hadits-hadits yang berisi pujian-pujian Nabi tentang Ali dan anak-anaknya. Wajar jika syiah menganggapnya dusta.


36. #hurairah dibenci Syiah karena politik. Dia mendukung Utsman, dan menolak jabatan Gubernur era Ali, tapi bersedia ketika periode Muawiyah.


37. Ketika Rasul masih hidup, konon #hurairah pernah bertengkar dengan ummul mukminin Aisyah, gara-gara dia mengolok-olok Istri Nabi yang cerdas itu.


38. #hurairah pernah mengolok-olok (bukan mengkritik) Aisyah dengan julukan Istri nabi yang hanya pandai bersolek. Padahal Aisyah cerdas.


39. Dalam banyak hadits, #hurairah banyak sekali yang kontradiksi dengan riwayat-riwayat Asiyah. Setelah diskusi, dia mengakui haditsnya palsu.


40. Secara nalar, memang imposible #hurairah bisa hafal lebih dari 5000 ribu hadits. Sementara sahabat-sahabat lain hanya ratusan.


41. Oia, ralat. Konon nama #hurairah tidak hanya 2 bahkan mencapai 30 nama. Saya tidak tau ini motif apa?


42. Bagi Ulama-ulama Yaman, #hurairah sangat dipandang putih, bahkan dikultuskan. Karena ia banyak membawa hadits-hadits pujian tentang Yaman.


43. Bagi yang pro #hurairah, katanya ada 800 ribu pakar hadits yang adil yang mendukung semua riwayatnya. Lebay sih.


44. Bagi yang pro #hurairah, larangan Umar terhadap kajian hadits bukan karena ia meriwayatkan hadits palsu. Tapi takut Quran sepi peminat.


45. Hadits #hurairah bervariasi, tapi lebih identik dengan tarhib dan targhib (kabar baik/buruk), susila. Namun haditsnya banyak yang kontroversi.


46. Salah satu hadits paling kontroversi #hurairah ialah tentang wajah Adam (konon) yang menyerupai Tuhan. Ini merusak teologi.


47. Bila ada hadits #hurairah yang sama Aisyah, tapi beda maksudnya, maka seharusnya kita memilih hadits istri Nabi. Ini bijak.


48. Salah satu kecacatan #hurairah sebagai perawi bisa dilihat ketika ia plin-plan saat memimpin Madinah era Muawiyah. Ia gantian dengan Marwan.


49. #hurairah selain dipuja juga dicerca. Yang pasti, cercaan dan pujian tidak hanya terjadi di era sekarang. Ini objektif.


50. Dalam diskursus hadits, #hurairah menempati no 1, disusul Abdullah bin Umar, terus Anas bin Malik, baru Aisyah. Jauh banget selisihnya.


51. Sebagai sahabat yang paling banyak hafal hadits, wajar jika #hurairah jadi sasaran kritikan. Ini konsekwensi bukan? Wajar.


52. Reputasi #hurairah sebagai perawi (pembawa hadits) dipertaruhkan hingga akhir jaman. Salah satunya kritik Abu Rayyah – Ulama Mesir.


53. Bukan hal yang aneh jika banyak yang kontra dengan #hurairah yang dalam kurun singkat bisa menghimpun lebih dari 5000 ribu, mengalahkan Istri Nabi yang cerdas.


54. Ada banyak versi mengenai waktu lamanya #hurairah mendampingi Rasul, tapi tidak sampe 5 tahun. Pendapat mayoritas, hanya 3 tahun.


55. Kata Abu Rayyah, #hurairah itu orang pemalas, yang menumpang makan dari Rasul, berbeda degan kaum Anshar dan Muhajirin lainnya.


56. Menurut Rasyid Ridla, daya ingat #hurairah adalah anugerah luar biasa bagi Islam. Karena ia tidak ummi (buta huruf) seperti Rasul.


57. Kritik terhadap #hurairah oleh Mahmud Abu Rayyah dalam bukunya Adhawa’ ‘Ala as-Sunnah al-Muhammadiyah (musuh – musuh hadits).


58. Di balik cercaan terhadap #hurairah, banyak juga Ulama yang simpati kepadanya, yaitu Ulama ortodoks (baik salafisme / sufisme).


59. Selama ini, baik kalangan salafisme maupun sufisme dalam menyampaikan biografi #hurairah tidak berimbang, selalu dilihat dengan positif.


60. Referensi-referensi yang menjadi rujukan biografi #hurairah tidak menyentuh kiprah politiknya dan perdebatannya dengan Aisyah.


61. Bagi Ulama ortodoks, #hurairah diyakini sebagai salah satu wujud dari kemu’jizatan Nabi. Nabi tidak pernah secara jelas menyebut ini.


62. Yang paling parah, ada Ulama yang mengkafirkan Ulama lainnya karena mengkritisi hadits-hadits #hurairah. Ini jangan ditiru.


63. Bagi Ulama-ulama yang tidak fanatik, tetap mengapresiasi hadits-hadits #hurairah dengan menyaring 5000 ribu hadits tersebut menjadi 1300.


64. Di antara Ulama yang menyanggah kritik Abu Rayyah adalah Prof @quraishshihab. Beliau menyanggah dengan kalkulasi matematis.


65. Menurut ulama-ulama yang pro #hurairah, dan moderat, hadits 5000 ribu tersebut karena adanya pengulangan narasi/substansi/redaksi yang sama.


66. Yang pasti, meski sudah disaring menjadi 1300, hadits #hurairah merupakan kompilasi hadits Aisyah dan para sahabat lainnya.


67. Menurut mereka yang fanatik, mengkritisi #hurairah sama halnya meragukan kerja keras 800 orang perawi. Fantastis.


68. Dalam metodologi kritik hadits #hurairah, aspek moral dan subjektifitas Bapak Kucing merupakan faktor terpenting.


69. Sekali lagi, kalangan sufisme dan salafisme tidak memberikan info utuh tentang aspek moral #hurairah. Hanya menyebarkan hadits saja.


70. Selama di pesantren, saya tidak pernah tahu kalau #hurairah pernah mengutil makanan Nabi, sering berdebat dengan Aisyah. Pernah dituduh korupsi.


71. Sacara empiris, selama saya belajar biografi #hurairah baik di kalangan sufisme maupun salafisme, mereka terlalu lebay dalam memuji.


72. Di kalangan sufi #hurairah disebut sebagai pendiri sufisme, di kaum salafi Ia disebut sebagai orang handal dalam hadits dibanding sahabat-sahabat lain.


73. So tidak berlebihan, jika #hurairah diagung-agungkan oleh sufisme dan salafisme. Tapi dibenci oleh kaum Syiah.


74. Coba teman-teman,check ke pesantren-pesantren salafisme dan sufisme. Guru-gurunya tahu tidak #hurairah pernah berbuat sesuatu yang tidak terpuji.


75. Dalam ilmu hadits, faktor subjektifitas seseorang sangat berpengaruh. Begitu juga perspektif kita kepada #hurairah. Ini standart.


76. Bagi yang kontra, dengan sinis bilang “#hurairah itu tidak disinggung dalam Quran seperti Abu Bakar,dan Aisyah yang dapat salam dari Jibril”.


77. Bagi penduduk Yaman, faktor primordialisme #hurairah sangat kentara. Maklum ia putra Yaman, meski sebelumnya pernah menyembah matahari.


78. Saya tidak tahu kenapa hadits pujian bagi penduduk Yaman justru diriwayatkan #hurairah. Bukan Ali r.a. yang pernah mengunjungi Sana’a.


79. Selain terkenal sebagai perawi hadits-hadits ibadah, #hurairah juga terkenal meriwayatkan hadits Israiliyyat yang kontroversial.


80. Di antara hadits aneh #hurairah antara lain: wajah Adam a.s yang (konon) diciptakan menyerupai Tuhan.


81. Di antara hadits aneh #hurairah yaitu: (konon) “kaki” Tuhan akan diletakkan di dasar neraka.


82. #hurairah juga banyak menceritakan tentang kehidupan Sulaiman a.s, seperti konon pernah meniduri 70 wanita dalam semalam, tapi hanya menghasilkan 1 bayi.


83. Menurut kalangan sufisme dalam hadits #hurairah tersebut, kegagalan Sulaiman mencetak kader perang itu karena kesombongan. Just info.


84. Abu #hurairah juga meriwayatkan hadits akan turunnya Isa (Yesus) ke bumi untuk membinasakan babi. (Rasul aja tidak sekejam itu?)


85. Kisah (dalam hadits) Tuhan yang murka kepada Adam dan Hawa di surga juga diriwayatkan #hurairah.


86. Kisah Musa yang pernah mandi telanjang, dan akhirnya dipermalukan oleh batu yang jalan kepada kaumnya juga diriwayatkan #hurairah


87. Hadits-hadits #hurairah selain terkesan anti Ali (faktor politik), juga misoginis karena dia tidak seide dengan Aisyah.


88. Hadits-hadits #hurairah juga kental banget anti anjing. Wajar saja, dia cat-holic. Hadits-hadits tersebut menjadi perdebatan dalam fiqih.


89. So, bagi yang kontra #hurairah menilai, bahwa hadits-hadits yang diriwayatakannya bias kepentingan pribadi. (Baca: Syiah, Anjing dan Wanita).


90. Menurut yang kontra, hadits-hadits #hurairah yang bias kepentingan tersebut dinilai sebagai hadits yang (lemah) tidak bisa dipertanggung-jawabkan.


91. Bagi yang pro, dari era sahabat-kyai, #hurairah diyakini tidak mugkin dusta, karena selain buta huruf, dia juga mendapat berkah doa spesial Rasul.


92. Yang pasti, tidak mugkin jika seorang #hurairah pernah berdusta. Dia bukan Rasul yang ma’shum, dia beruntung bisa dipercaya Rasul.


93. Maaf ralat no 92. Tidak mungkin jika abu #hurairah tidak pernah berbuat dosa (dusta). Alias, ada kemungkinan human error.


94. Kritik terhadap #hurairah sama sekali bukan dilandaskan kepada kebencian kepada pribadinya, apalagi sunnah Rasul. Ini kepedulian.


95. Kita tahu wajib, syarat, dan rukun bersuci (dengan detail) untuk beribadah sehari 5 kali, juga karena jasa #hurairah yang meriwayatkan hadits-hadits ibadah.


96. Intinya, kita tidak boleh membenci #hurairah, pun begitu tidak boleh fanatik kepadanya. Kita tetap obyektif agar dinamis.


97. Apresiasi kepada #hurairah wajib. Mengkritiknya harus. Bukankah Imam Bukhari dan Muslim telah melakukannya, yaitu dengan menyeleksi hadit-hadits nya?


98. Kalau ada Ulama yang berani mengkafirkan seseorang karena mengkritik #hurairah. Ini Ulama yang tidak paham teologi, jangan diikuti.


99. Sangat lebay, jika ada seseorang yang mengkritik #hurairah dianggap sesat. Bukankah Aisyah dan para Sahabat juga pernah melakukan ini?


100. Diskursus hadits meski realitanya dikuasai oleh riwayat-riwayat #hurairah. Bukan berarti  segala yang disampaikannya benar.


101. Jangan heran, kalau ada orang Muslim yang memahami hadits-hadits #hurairah dianggap  sesat. Orang tersebut tidak paham sejarah seutuhnya.


102. Logika empirisnya, Umar hingga Ali yang hidup sejaman dengan #hurairah aja kritis.   Kenapa kita sebagai umat Rasul dilarang?


103. Wahai para kyai,ustadz, santri, & ikhwan. Ketahuilah bahwa kritik terhadap #hurairah sudah berlangsung sejak era Sayyidina Umar.


104. Jadi simplenya, kekhawatiran terhadap #hurairah sangat kompleks, dan ini sudah dimulai dari masa hidupnya. Kita hanya meneruskan.


105. Jika ada hadits-hadits #hurairah yang tidak logis, boleh tidak kita yakini. Karena sekali lagi, pakar hadis terhebat sedunia pun sudah melakukannya.


106. Penyeleksian hadits-hadits #hurairah dari 5000 ribu lebih menjadi 300 oleh Bukhari-    Muslim adalah contoh terbaik bagi umat Islam.


107. Sewajarnya saja kalau menghormati para Sahabat, termasuk #hurairah, jangan sampai kita mengkultuskannya. Naudzubillah.


108. Saya ulangi lagi, belajarlah sejarah seutuhnya. Jangan mengenal #hurairah secara parsial. Ia manusia yang tak luput dari dosa.


109. Di antara sikap mengkultuskan #hurairah yaitu, menganggap 5000 ribu lebih hadits tersebut benar-benar dari Rasul dan menganggapnya bebas dusta.


110. #hurairah seperti halnya Sahabat yang lain, bedanya dia beruntung dipercaya Rasul untuk menjadi kolektor hadits terbanyak.


111. #hurairah seperti sahabat-sahabat yang lain yang tak luput dari dosa dan punya ambisis politik. Yang pasti, mengkritiknya bukan berarti tidak menghormati.


112. Sangat lebay, jika mengupas biografi #hurairah seutuhnya dianggap memusuhi Islam. Memang Islam milik siapa?


113. Kritik terhadap hadits-hadits #hurairah yang dilakukan Umar, Ali, dan  Bukhari-Muslim beserta kutubus-siitah harus tetap terkondisikan sampe sekarang.


114. Logikanya, mas @GunturRomli, klaim #hurairah sebagai kolektor hadits terbanyak juga tidak pernah dibantah Rasul dengan tegas bukan?


115. Demikian #kultwit tentang biografi (kontroversial) #hurairah ini, semoga kita tetap mengapresiasi dan mengkritisinya. Agar dinamis. Sekian.

No comments:

Post a Comment