Follow kami di: Twitter , Tumblr, Wordpress, dan Facebook

#kasta oleh @benhan

Kasta itu ada. Bukan mengada-ada. Diciptakan oleh yg kaya. Agar tetap jaya. Dan satu dua mimpi dibuat tuk pertahankannya.

MLM adalah miniatur kapitalisme ber-kasta. Satu dua contoh sukses terus diulang. Jual mimpi utk ribuan yg hanya bs trs bermimpi.

Di peradaban Hindu kuno, kasta Brahmana dekat dg Ksatria. Di peradaban modern kini pemuka agama dekat dg org2 berkuasa. Tak beda

Di peradaban Hindu kuno, kaum Sudra bekerja tanpa kebebasan. Di peradaban modern, PRT dan TKW jadi korban kekerasan Tuan. Beda?


Mungkinkah seorang gembel masuk ke restoran elit? Walau ia punya uang, ia akan dianggap lalat pengganggu tuan-nyonya. Kasta.

Ada aturan & kode pergaulan yg berbeda di kaum elitis dan pekerja. Kita yang tak kan pernah bisa sama. Kecuali naik/turun kelas. Kayak tinju

Hanya yg Kaya, Berkuasa, dan di Atas yg peduli Status Sosial. Bagi mereka itu satu2-nya jaminan Kenyamanan dalam kehidupan.

Mari kita sedikit bergerak balik menuju apa yg terjadi di India. Bagaimana adanya pergerakan mendobrak kasta. Tertarik? #kasta

Brahmana, Ksatria, Waisya dan Sudra. Begitulah urutan status sosial di India kuno. Disebut #kasta. Semua ada padanannya di era modern skrg.

Brahmana adalah pemuka agama. Mereka dianggap TINGGI krn asumsi "paling DEKAT dg Tuhan". Bukankah YME ada DI ATAS? :) #kasta

Betul, "the untouchable" sebenarnya berada di luar kasta. RT @revips: @benhan satu lagi bang, Paria :)

Brahmana tdk pasti kaya. Namun krn semua ritual agama dipimpin mereka, dan ritual mewah milik org2 kaya, maka pergaulannya elitis. #kasta

Ksatria adalah keluarga raja, prajurit perang, pejabat istana. Kalo di era modern ya PNS lah. Dianggap punya tugas mulia buat negara. #kasta

Waisya adalah kaum pedagang, seniman, tuan tanah, boss ternak, yang aset-nya > liability istilah era modern ini. Middle class? :) #kasta

Sudra adalah kaum pekerja, pembantu rumah tangga, budak, yg menggunakan fisik mereka utk sesuap nasi. Di era modern pun byk. Gaji UMR #kasta

Terakhir, yg di luar kasta: Harijans. The untouchable. Kelas sosial terendah. Sangat miskin, dianggap kotor, dijauhi kasta2 lainnya. #kasta

Lalat2 kehidupan #sigh RT @revips: @benhan yes, karena mereka digolongkan dalam kelas 'binatang'. Kasta yang tidak dianggap 'kasta' :)

Nah setelah tau kasta2 di India kuno, coba lihat jaman sekarang. Ga beda kan? Cuma ga pake istilah. #Kasta itu ada. Dan ingin dipertahankan.

Perbedaannya adalah bila di era India kuno, #kasta diatur secara lugas, ada hukumnya, di era modern ini ia diatur hukum2 yg tdk terlihat.

Hubungan antar #kasta di India kuno adalah hierarkis, atas-bawah, ga sejajar. Jangan harap Sudra bisa kawin dg Ksatria misalnya

Nah di era modern ini, walau tak diatur, mungkinkah seorang buruh tani kawin dengan sosialita? Sangat kecil kemungkinan. #kasta

Di jaman itu #kasta adalah warisan, status sosial sejak lahir. Lebih kejam krn tak bisa diubah. Di era modern, uang bisa mengubah kasta.

Di era modern ada contoh org2 berhasil migrasi #kasta. Oprah contohnya. Dari yg super miskin, jadi super kaya. Kombinasi nasib+kerja keras.

Tapi migrasi #kasta bukan berarti kasta itu lenyap. Pergaulan Oprah pasti akan berbeda dg sewaktu ia masih di kasta bawah. Wajar

Di India Kuno sebenarnya ada juga beberapa kasus contoh migrasi #kasta, tp sangat minimal. Karena itu akan ganggu strata yg sudah ada.

Kasta bukan monopoli India Kuno. Inggris cth lain. Atas nama keadilan apa P.William bisa lahir sebagai Ksatria? Krn lahir dr rahim Ratu :)

Dan taxpayer di Inggris dengan sukarela membayar setiap sen biaya pernikahan sang Pangeran. Legitimasi #kasta. :)

Pemberontakan pertama thdp sistem #kasta di India kuno dilakukan oleh Buddha Gotama. Ia kritik sistem kasta dan perlakuan thdp Untouchable.

Pemberontak #kasta selain Buddha Gotama, ada Mahavira dari Jainisme. Yang menariknya dua-duanya adalah Pangeran. Kasta Ksatria.

Keduanya, baik Gotama maupun Mahavira melepaskan status pangerannya, dan menjadi asketik, pertapa. Berbeda dg Brahmana. #kasta

Setelah Gotama menjadi Buddha, ia mendirikan Sangha, perkumpulan murid Buddha. Union pertama yg menentang #kasta. :)

Di dalam "Union" Sangha ini, tak ada #kasta. All equal. Mantan Ksatria, Brahmana, Waisya, Sudra lebur jadi satu. Bgitu gabung lepas kastanya

Bahkan Buddha menerima kaum untouchable sebagai muridnya. Mereka yg menjadi kuman masyarakat #kasta India saat itu. India gempar

Bagaimana tidak gempar? Untouchable atau Harijans dianggap sangat kotor. Mereka bahkan tidak diperkenankan masuk tempat ibadah. #kasta

Puluhan dan ratusan untouchable masuk ke Sangha, jadi murid Buddha. Harapan baru utk mereka setelah ditolak sistem #kasta India.

Berbeda dg Brahmana, murid Buddha di jaman itu bukan pemuka agama. Mereka disebut asketik, pertapa. Ga urus ritual2 utk awam seperti skrg.

Sangha modern skrg karena tuntutan jaman terpaksa melayani ritual umat awam. Upacara kawin, mati. Jadi lebih mirip brahmana drpd asketik.

India modern masih anut sistem kasta. Tahun 1950-an, Dr. Ambedkar convert 500.000 org untouchable jadi Buddhist, sebagai protes.

Nasib untouchable sungguh menyedihkan. Bagaimana tidak? Salah apa ia sejak lahir sudah dijauhi masyarakat. Isolasi kejam #kasta.

Untouchable pun berkeliaran di dunia kita. Mrk yg lahir di jalanan. Kita berpaling muka ketika berhadapan. Tak sudi terima eksistensinya.

Komunisme muncul sebagai reaksi atas #kasta modern. Pemberontakan kaum buruh thdp penguasaan kaum borjuis kapitalis. Berhasil?

Sinyal jelek di kereta api. Thanks udah simak sharing soal #kasta. Ntar kalo sempat lanjutkan lagi. Lumayan nemanin perjalanan di kereta. :)

Seringnya revolusi sosial hanya berakhir pada si pemberontak pindah kelas sosial. Kastanya tetap ada. Kayak Gaddafi. #kasta

Sukses Buddha hapus #kasta dalam persekutuannya dimungkinkan karna komuni-nya terisolir dg dunia mainstream. Minim interaksi.

Saat itu interaksi bhikkhu dg umat awam hanya saat pindapatta (minta sedekah makan) dan dhammadesana (ceramah). Tidak ada upacara2 spt skrg.

Bhikkhu2 skrg terjerat dlm upacara2 ritual yg diminta umat, berikan "pelayanan". Menjadi Brahmana yg dianggap "pelayan ritual" Ksatria.

Maka jangan heran kalo bhikkhu2 skrg dekat dg org2 kaya, donatur2 utama. Saat mereka membedakan Ksatria dan Sudra. Krn terus berinteraksi.

Mungkin hanya itu satu-satunya hidup tanpa kasta. Seperti Buddha Gotama, yg ciptakan komunitasnya sendiri. Di luar aturan dunia.

Di gerbong kereta ini ada eksekutif ada bisnis. Ekonomi beda kereta lagi. Bahkan kuburan pun ada kelas-nya. #Kasta tak terelak.

Tp ada kekuatan yg lintas kasta. Uang bisa beli kasta. Ia ubah gaya hidupmu, pergaulanmu. Life style-mu. Jd Sosialita puncaknya.

Menciptakan dunia tanpa kasta, utopis. Harus hancurkan total dunia yg sudah demikian tertata. Drpd itu, mari buat dunia sendiri, spt Buddha.

Dalam dunia kita, cinta aku dan kamu tak kenal #kasta. Tak kenal warna kulit, suku dan agama. Cinta hapus perbedaan remeh itu.

Demokrasi berpeluang tekan laju kapitalisme kasta. Agar dunia tak ditarik ekstrim ke sana.Maka pilihlah pemimpin dr "kaum kita" drpd yg kaya

Gaddafi adalah kisah nyata sang revolusioner yg akhirnya jadi korban revolusi. Dunia memang kejam permainkan nasib manusia.

Demokrasi adalah harapan, karena ia tawarkan kesetaraan. Satu orang satu suara. Jgn mau itu dibeli mereka, sbg pelanggeng kasta.

No comments:

Post a Comment