Follow kami di: Twitter , Tumblr, Wordpress, dan Facebook

#Etika oleh @komar_hidayat | dikirim oleh @rayapan

Selamat sobats. Mulai hari ini kulwit ttg #Etika salah satu dimensi fundamental agama.

Bbrp kt yg dekat adl akhlaq & budi pekerti. Etika disini merupakan teori baik-buruk, beda dr moralitas & sopan santun.

Ada pertanyaan filosofis, apakah sesuatu dikatakan baik, semata krn perintah Tuhan, ataukah krn baik pd dirinya sendiri?

Theolog berpdpt kebaikan itu mesti merujuk pd teks suci, bukan produk nalar meski nalar tdk sll mudah memahaminya.

Filosuf berpdpt sesuatu dikatakan baik krn “good in-itself”, sesuai dg nalar sehat, bukan krn pernyataan kitab suci.

Konsekuensi dr pandangan filosuf, tanpa kitab suci manusia mampu membedakan baik buruk asal nalar dan nuraninya sehat.

Theolog mengkritik filosuf yg terlalu mengagungkan nalar, pd hal tanpa teks suci nalar mudah terpeleset.

Filosuf mengkritik Theolog, dinilai sering merendahkan kekuatan nalar, pd hal nalar jg ciptaan Tuhan paling tinggi.

Baik-buruk yg berdasar kitab suci lbh solid, tp oleh filosuf dinilai tdk universal. Sebatas pemeluknya saja.

Dasar etika umumnya agama, nalar, tradisi keluarga dan tradisi masyarakat. Ada lagi gejala baru universal common sense.

Dlm tradisi filsafat, etika mempelajari kriteria tindakan apa yg bermoral & amoral. Sopan santun tdk menjamin moralitas.

Sopan santun yg bersifat perilaku lahir dinilai baik menurut tradisi, tp blm tentu didasari niat tulus dan moralitas agung.

Terdpt ragam standar etika krn perbedaan agama, adat dan budaya shg baik-buruk cenderung relativ.

Makasih, dlm percakapan se hari2 ada istilah bermoral, amoral, dan immoral. Dlm bhs Inggris biasa digunakan immoral.

Di samping ada the golden universal rule of morality, tiap2 agama-budaya memiliki kaidah berbeda apa yg disebut baik-buruk.

Etika agama akan efektif ktk telah melembaga menjadi tradisi sosial, shg sangsi sosial ikut memagarinya.

Banyak titik temu doktrin etika agama2 besar dunia shg umat beragama mestinya bersinergi bangun peradaban dunia.

Jk agama turun utk manusia, bukannya manusia utk agama, maka tokoh2 agama mestinya bertemu dlm membela kemanusiaan.

Perang sll menghancurkan martabat manusia & nilai2 kemanusiaan, tp anehnya agama srg terlibat dan kasih amunisi.

Rasul melarang org makan-minum berdiri. Tp qt sering join standing party, makan minum. Ini satu contoh relativisme ethis.

Masing pemeluk agama punya pembenaran ktk agamanya terlibat perang.

Aliran Kantianisme mngatakan, sebuah tindakan dikatakan bermoral jk didasari niat yg mulia & tulus, bkn penampilan lahirnya.

Mnurut Kantianisme, disamping motiv goodwill, morally worthed jk rasional, diterima oleh nalar universal apapun agamanya.

Kantianisme sangat menekankan motivasi & dibenarkan nalar universal spt kebenaran matematika, diatas sentimen agama.

Ilmu & filsafat sama2 potensial bs mendangkalkan atau mempertebal iman seseorang.

Jk etika agama sejalan dg nalar sehat dan didukung oleh tradisi maka akan memperkokoh etika kemanusiaan universal.

Korupsi, misalnya, semua agama mengutuk dan nalar sehat serta tradisi lokal manapun mengecam.

Pemberantasan korupsi mestinya menjadi agenda bersama agama, rakyat dan pejuang kemanusiaan.Koruptor adl musuh bersama.

Mission statemen kerasulan Muhammad utk membangun akhlak mulia. Jd puncak keislaman seseorg mesti terwujud dlm karakternya.

Perintah ritual dlm Islam semuanya bermuara pd layanan kemanusiaan. So, beribadah tanpa menghasilkan karakter seakan sia2.

Pesan Ritual puasa a.l. tdk menyakiti sesama dan meringankan derita fakir miskin, ktk lebaran saling memaafkan.

Sholat diawali takbir fokus pd Allah, ditutup dg berbagi dan menjaga salam-damai scr horisontal.

Bahkan scr tegas Qur’an menyatakan, kualitas sholat seseorg diukur dg kemuliaan akhlaknya.

Ktk haji jk berbicara keji, berkelahi dan mrusak lingkungan akan batal hajinya.

Perintah zakat sgt jelas, keimanan seseorg mesti peduli thd sesama dg tulus-ikhlas. Kalau tdk akan hilang pahalanya.

Ikhlas ibarat bunga tengah mekar, ikuti suara hati, org senang melihatnya, dilakukan tanpa haus tepuk tangan, just do it.

Agama2 itu ibarat cahaya yg karakternya berbagi terang. Or ibarat air yg sll berbagi kesuburan agar tanaman subur.

Sabda Rasul, seorg muslim adl mrk yg lisannya & tangannya sll berbagi salam & org di sekitarnya merasa selamat.

Keberislaman mesti berbuah salam-damai bg dirinya & sekitarnya, keimanan mesti berbuah amanah dan memberi rasa aman.

Akhlak terbagi ke dlm berbagai cabang; thd Allah, thd sesama manusia, thd hewan, tumbuhan dan makhluk lain.

Rasul bersabda janganlah menyembelih hewan dg pisau tumpul, jangan pula menyakiti tumbuh2an dg potong dahan seenaknya.

Siapapun & apapun di sekitar qt akan menimbulkan aura positif-konstruktif kalo hati, pikiran & tindakan qt etis-positif.

Tdk selalu org yg mengaku seagama memberikan aura & chemistry damai-positif jika hati & pikirannya “contaminated”.

Menjelang Ramadan banyak acara pernikahan….apa ya penjelasannya?

Banyak nilai2 agung universal yg kadangkala terdegradasi krn perbedaan faham dan keyakinan agama.

Qur’an memerintahkan, engkau mesti menegakkan keadilan, janganlah rasa benci pd satu kelompok merusak prinsip keadilan.

Etika pribadi mudah rapuh kalau tdk dipagari oleh etika birokrasi & politik. Keduanya mesti tegak berdiri saling menyangga.

Perbuatan baik tdk cukup modal niat yg ikhlas, tapi metode or cara dan hasil akhir yg lebih penting lagi.

Krn manusia memiliki ruh (ruhani) yang bersifat cahaya suci (nurani), maka setiap org pasti cenderung pd kebajikan.

Keberadaan manusia lbh primer katimbang agama, mk fitrah manusia pasti sejalan dg etika agama, ke-2nya sama Penciptanya.

Andrea Hirata: Org Melayu udik suka memberi nama anak2nya senada, spt: Murad, Munaf, Munir, Muntaha, Munawarah, Mun’im, Munmun.

Kasih Allah akan tersumbat jk seseorang tdk menyayangi sesama hambaNya (Sabda Rasul).

Sabda Rasul, sikap mengasihi tdk sebatas sesama umat saja, tapi pada sesama manusia (HR Thabrani).

No comments:

Post a Comment