belajar Strategy dari Management The Basics - Witzel zzzz #strategy
1. #strategy: target - pilihan cara - memilih cara - implementasi
2. Dalam #strategy ada beberapa hal yg perlu dikenal: misi, target, objektif, opsi, kontrol, kompetensi, dan implementasi
3. yg saya bicarakan di sini adlh #strategy manajemen, namun tak ada salahnya apabila diaplikasikan dlm kehidupan.
4. Misi: pernyataan apa yg kita percaya dpt membimbing kita. Temannya visi. Dlm perusahaan biasanya punya visi misi formal #strategy
5. misi itu tugas penting utk kita, diimplementasikan dr visi, dan terimplementasi dlm target2 #strategi
6. target adalah misi yg terimplementasi, biasany konkret, dlm angka2 #strategy
7. target biasanya berkecambah dua, yakni mengembangkan dan meningkatkan #strategy
8. Meningkatkan dpt berupa income maupun target pangsa pasar, dengan persentase dan waktu tertentu #strategy
9. mengembangkan biasanya berupa target konsumen. jangan lupa presentase dan batas waktunya #strategy
10. target semisal ingin membaca dua bab buku dalam enam jam. namun apa langkah2 yg hrs dilakukan utk memenuhiny? #strategy
11. kita butuh objektif, atau langkah2 menuju target. anda yg berkecimpung di dunia training pasti tak asing, kan? #strategy
12. di training, stlh membuat analisis (melihat kondisi trainee) yg disebut TNA, desainer training membuat target dan objektifny #strategy
13. apa yg hrs dilakukan utk dpt menghabiskan 2 bab buku dlm 6 jam? Memperbanyak kosakata, melatih baca cepat, dll inilah objektif #strategy
14. dlm memilih strategi, pasti ad opsi2/pilihan2. smua ditelusuri, mulai dr benefit, resiko, dll. spt memilih jalur utk ke kampus #strategy
15. tentu saja kita biasa menginginkan strategi yg ideal, namun kenyataan akan selalu mengontrol - constraints #strategy
16. yg tau das sein sm das solen pasti ngerti. jalur terpendek ke kampus bisa lewat sini, namun nyatanya motor gblh lawan arus #strategy
17. dlm manajemen, seorang manajer harus bs melihat kenyataan2 apa yg mgkn dpt menghambat strategi yg akan dipilih #strategy
18. tentu saja, strategi yg dipilih adlh sesuai dgn kompetensi utama organisasi… dilarang makan lahan ya #strategy
19. semudah mengucapkan, implementasi adalah menerapkan strategi. operasional. dan yg plg sulit. #strategy
20. beberapa hal td adalah yg perlu kujelaskan sblm kita berjingkrak menuju core dr #strategy… eh btw darimana ya ada strategi?
21. #strategy dikenal dlm peperangan… sebagai ilmu dan juga seni.
22. pernah tahu The Art of War oleh jendral Sun Tzu? salah satu buku keren baik utk #strategy perang maupun bisnis.
23. namun saya lbh suka The Prince - Machiavelli, yg saya baca waktu SMA. dua komponen strategi, virtue dan luck #strategy
24. Machiavelli menulis berdasarkan 2 tokoh besar, Clausewitz yg akan saya sering sebut nanti, dan Moltke #strategy
25. 2 tokoh tsb adalah war strategist, yg mengatakan bhw tidak ada strategi yg dpt dipastikan sukses #strategy
26. knp? pasti ada hal2 tak terduga selama implementasi, melampaui hal2 tsb utk mencapai target sm pentingny dgn #strategy
RT @KERbiie: Teman2 penganut aliran kitab putih, ikuti kuliah twitnya @dwikrid yaa. Dia menjabarkan tentang ayat #strategy
27. mengendus #strategy dr ilmu perang, selalu ada strategi2 dasar sebagai resep yg diadaptasi dlm organisasi.
28. dlm buku Competitive Strategy, Porter menuliskan empat opsi #strategy dasar dlm bisnis
29. keempatnya teramu dalam dua target - scope atau advantage-nya #strategy
30. pilih pangsa pasar besar dgn harga murah? anda memimpin dgn harga - cost leadership #strategy
31. atau anda hanya menembak pangsa pasar tertentu, specified, dgn harga murah - cost focus #strategy
32. hmm saya lebih suka menjual jasa dgn kualitas lebih dlm pangsa pasar yg luas - differentiation #strategy
33. kualitas lebih dgn pangsa pasar yg specified - ya, anda memilih focused differentiation sbg pilihan #strategy
34. well, pada dasarnya pilihan2 #strategy dasar adalah pilihan2 yg plg simpel, sederhana. remember this.
35. entah untuk berkembang, bertahan dr pesaing, memanen uang sblm terlambat, memutar haluan bahtera organisasi, dll #strategy
36. namun ingat, #strategy dasar bukanlah aturan yg hrs ditaati, krn dunia ini penuh deviasi. be flexible.
37. skrg mari bersiap2 ke intinya - langkah2 dlm menyusun #strategy!
38. langkah pertama adalah evaluasi. menilai kondisi organisasi - Strength dan Weakness-nya #strategy
39. langkah kedua, melihat situasi di luar, untuk mengetahui Opportunity - kesempatan dan Threat - gangguan #strategy
40. langkah 3, melihat prioritas diantara SWOT yg dikentarai! ini memang langkah lawas dan sebenarnya uda gak zaman euy #strategy
41. 4th move: membuat dan meng-assess opsi2 #strategy. the options scatter everywhere, pick one, okay?
42. memutuskan satu dari beberapa pilihan #strategy memang sulit. mau strategy dasar atau lewat cara2 kreatif?
43. memutuskan dgn cara asesmen opsi, misalnya dgn skoring - usulan Altier, seorang konsultan dr amrik #strategy
44. ya, ‘pengukuran’ ini utk melihat pilihan2 #strategy mana yg memuaskan, dgn indikator2 spt sumber daya dan modal yg hrs digunakan
45. stlh memutuskan sebuah #strategy, lakukan 5th move: buat target dan objektifnya. mendetil tentu saja.
46. 6th move: membuat perencanaan; hal ini termasuk memikirkan resiko dan mengkomunikasikan rencana tsb #strategy
47. rencana perlu dibuat utk menghadapi hal2 tak terduga, misalnya inflasi, hilangny selera konsumen, munculny pesaing baru, dll #strategy
48. tentu kita hrs memikirkan kemungkinan resiko terjadi, misalnya meteor yg bkl menghantam bumi jrg terjadi toh #strategy
49. hal2 eksternal yg mengejutkan ini disebut Ansoff sbg environmental turbulence - kok kayak judul album DT ya? #strategy
50. turbulensi ini diukur dlm 3 dimensi, yakni instability, discontinuity, dan unpredictability #strategy
51. instability berbicara ttg bgmn suatu peristiwa yg terjadi dpt mempengaruhi organisasi #strategy
52. discontinuity berbicara ttg seberapa parah sebuah peristiwa dpt terjadi dan mengubah lingkungan eksternal #strategy
53. unpredictability berbicara seberapa sering sebuah peristiwa dpt terjadi. jatuhnya meteor di kantor anda jrg2 kan? #strategy
54. namun percayalah, resiko yg paling berbahaya adlh ketika strategi anda tdk berjalan sesuai rencana :p #strategy
55. mengkomunikasikan rencana berguna utk apa sih? sepenting apakah? #strategy
56. agar semua anggota organisasi tahu peran msg2, dan menjalankanny sesuai rencana, utk kemudian diimplementasikan #strategy
57. 7th move: implementasi dan evaluasi progress. kontrol perlu dilakukan pd setiap operasional yg dilakukan #strategy
58. itulah 7 langkah dlm penyusunan #strategy, very cool, as well as playing chess.
sementara itu #strategy nya tweeps, selanjutny saya akan menekankan HOW to do strategy, dan tentuny ttg implementasi. nantikan!
#strategy oleh @dwikrid
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment