Follow kami di: Twitter , Tumblr, Wordpress, dan Facebook

#femislam "Feminisme & Islam" (lanjutan) oleh @SyukronAmin

Bnr2 mengelus dada :(..RT @pkstaeh: Di Bireun seorang camat perempuan diberhentikan krn bertentangan dg syariah.. #femislam

Temans, sy mau ngelanjutin #kultwit #femislam episode ke-4, mengupas tokoh2 perempuan dlm Islam..Msh pd nonton sinetron ya? :p

102. Tokoh pencetus feminisme dlm Islam adlh Khadijah yg berjuluk al-Thâhirah (Perempuan Suci) yg mrupakan simbol teologis. #femislam

103. Perempuan suci dlm Kristen dsbut Santa, mgkn pendapat ini yg mendukung bhw sblm masuk Islam, Khadijah beragama Nasrani. #femislam

104. Knp Rasul setia monogami & tdk menikah lg, kecuali setelah Khadijah wafat? Monogami adlh tradisi Nasrani klasik. Ini fakta. #femislam

105. Nabi melawan mainstream Arab ktika itu yg melestarikan tradisi poligami. Nabi tdk hanya menyayangi, tpi menghormati. #femislam

106. Gelar lain Khadijah, “Sayyidah Nisâ’ Quraisy” (Puan seluruh Perempuan Quraisy), sebanding dg gelar Quran bagi bunda Maria #femislam

107. Khadijah adlh tokoh central dibalik kesuksesan Muhammad dlm menerima nubuat kenabian. Slama 20thn an mendukungnya. #femislam

108. Slain strategi bisnis. Khadijah yg dr kluarga reliji mengetahui bhw Muhammad yg penganut Hanifisme memiliki potensi kenabian.#femislam

109. Khadijah yg kaya raya brani bertentangan dg Ayah & Pamannya skaligus adat, utk melamar seorg pmuda miskin yg yatim-piatu.#femislam

110. Slama pernikahan hingga Muhammad menerima wahyu, Khadijah memiliki penasehat2 spiritual Nasrani, utk disampaikan ke suaminya. #femislam

111. Dg kata lain, karakter kenabian Muhammad jg terbentuk o/ peran Khadijah dr informasi yg didapat dr pendeta2 sprti Waraqah. #femislam

112. Khadijah bersama Waraqah tlah membimbing Muhammad menelusuri tangga2 spiritualitas hingga menerima wahyu di Gua Hira. #femislam

113. Disamping sbg tmn diskusi, Khadijah jg slalu mengantar Muhammad u/ menyendiri di Gua (sprti tradisi nenek moyangnya Ibrahim). #femislam

114. Khadijah lah org pertama yg mengetahui bhw Muhammad tlh menerima “hatif” (suara tanpa rupa) yg blm teridentifikasi. #femislam

115. Khadijah-lah yg berinisiatif menguji kualitas “suara” tsb apakah berasal dari Malaikat / Syetan. Dg mengkofirmasi ke Pdt2. #femislam

116. Khadijah & lingkungannya (para pendeta) memiliki pengaruh yg dahsyat u/ membentuk kepribadian Muhammad dlm proses kenabian. #femislam

117. Maka, Khadijah & Muhammad adlh bagai 2 sisi mata uang. Berbicara nubuat, maka tdk bs mengesampingkan peran Khadijah. #femislam

118. Ktika Khadijah wafat. Nabi hampir depresi. Krn bgtu besar jasa Khadijah dlm proses kenabiannya u/ sluruh alam. #femislam

119. Jd tdk benar, jika Khadijah hanya menyumbangkan hartanya. Jauh sblm diutus, ia sangat berandil dlm proses penerimaan wahyu. #femislam

120. Konon, Nabi prnh ditnya Aisyah, “siapa Istri yg paling berharga diantara smua istrimu Rasul?” Nabi menjawab: Khadijah. #femislam

121. Slain memiliki 2 budak Narsani , Khadijah berteman dg Pdt2: Waraqah + Qatilah (Mekkah), Adas (Thaif) & Buhaira (Syam). #femislam

Maaf #kultuit #femislam break sbntr, silakan diminum kopinya :D.. Sy mau ke belakang..

122. Jd tdk berlebihan, jika bicara sejarah nubuat kenabian maka hrs menyertakan biografi Khadijah. Ini fakta sejarah. #femislam

123. Knp cerita ttg peran Khadijah dlm kenabian tdk terungkap banyak? Jwbn simple-nya, mgkn krn sejarawan dikuasai laki2. #femislam

124. Menyebut lebay krn menceritakan peran Khadijah dlm nubuat. Brarti jg menyebut Nabi tlh lebay dlm menghormati istri tertuanya.#femislam

125. Jika ada pertanyaan, siapa Ibu Feminisme Islam yg sesungguhnya? Mnrut sy, Khadijah-lah yg paling pantas, tiada duanya. #femislam

126. Konon, meski Rasul berpoligami, tpi kadang2 msh kangen Khadijah. Utk mengobati kangen biasanya mengunjungi tmn2 Khadijah. #femislam

127. Konon, Rasul prnh memarahi Aisyah gara2 cemburu buta, krn Rasul bernostalgia dg tmn2 Khadijah. So sweet-nya Rasul :). #femislam

128. Guru sy di Hadhramaut prnh nangis tersedu2, ktika menceritakan kisah di saat Rasul ditinggal wafat Khadijah. So sad. #femislam

129. Kisah2 keromantisan Rasul dg Khadijah mmg tak bgtu mencolok (dibanding dg Aisyah). Mgkn krn pertautan usia yg sangat jauh. #femislam

130. Para sejarawan berbeda pendapat ttg usia Rasul ktika menikahi Khadijah, ada yg blg 20,21,22. Pndapat mayoritas 25 thn. #femislam

Maaf temans2, benerin nomer, biar rapi, nanti #femislam mau dikompilasi soalnya..Lanjut tanya-jawab & diskusi aja ya?

Konon hanifisme mas..RT @gm_gm: Ktika Muhammad (pra-kenabiannya) menikah dg Khadijah, menurut agama apa upacara perkawinan itu?#femislam

Konon krn perintah Tuhan via mimpi..RT @Nisaa69: mas mau tny,knp rasul menikahi aisyah yah? #femislam

Dlm beberapa sirah Nabi tdk demikian..RT @king_machruzar: Bukannya Waraqah Pamannya Khadijah seorang Israel yg menikahkan Nabi ? #femislam

se7..RT @merrymagdalena: Jd laki2 yg mau poligami hrs nikahin janda tua 25th dulu, & baru poligami stelah istrinya meninggal? #femislam

aplikasi dr tradisi al-hanifiyah..RT @Jackgunktwo: apa yg dimaksud kepribadian dalam proses kenabian? #femislam

Krn sejarawannya parsial..RT @elnuevo77:  ada artikel mengenai khadijah sprt yg diulas anda.Mengapa tdk ada ulama yg membahas? #femislam

banyak, dimulai dinasti umayah.. RT @kjaaap: tdk ada bukti penguasa merendahkan perempuan dan ‘mendikte’ ulama  #femislam

Bnyak aspek, yg jlas bukan krn birahi semata..RT @indirani_13: Blh tau ga lantas knp akhirnya Nabi poligami? Re: 105. #femislam

bukan, ini objektifitas sejarah.. RT @Jackgunktwo: ini sebuah upaya justifikasi feminisme? #femislam

yoi sist..:D RT @merrymagdalena: Poligami jgn istri pertamanya masih kinclong eh mata udah jelalatan buat kawin lagi :)) #femislam

pndapat mayoritas, Janda kembang yg msh virgin.RT @irvanjuri: bner ga khadijah dinikahi Rasul sudah menjanda dan punya anak?? #femislam

Nah, ini knp sejarah cenderung patriarkisme :) RT @Jackgunktwo: history not herstory? :) #femislam

Itu Ulama yg Arabisme..RT @Rofiuddarojat: Mas, di Aceh ada camat wanita yg dicopot krn syariat. Pendapatnya??? #femislam

Ya, oleh -> @kultuit ..RT @ariefsunda: semoga #femislam dikumpulkan biar bisa download :)

Bisa, Nabi jg bs marah..RT @redpisang: kok nabi bisa depresi? Re: 118. #femislam

monogami lbh baik..RT @nadyanovriana: Jd klo istri prtma udh ga kinclong lg suami bebas brpoligami sm yg msh muda & lbh kinclong? #femislam

ho’oh.. RT @ffahlevi: dinasti umayyah spt nya merendahkan banyak hal :D #femislam

agree.. Nabi pun mengalami itu..RT @Jackgunktwo:  cinta pertama begitu berkesan n menggoda? Aw. ;) #femislam

@gm_gm Mas, setelah #femislam nanti sy akan Kul-Twit ttg #hanifisme. Agama Muhammad sblm Islam dr leluhurnya.

sama2.. RT @ernaimaningsih: Thanks Mas, #femislam sgt penting+ inspiratif :) Tertarik #hanifisme, klu ga slh ajaran  Ismail?

tdk ada literatur yg mendukung ini..RT @cakra_mahdi: Benrkah Khadijah nikah dgn nabi disaat brumur 25thn sama dgn umurnya nabi? #femislam

Temans, sy mau ngelanjutin #kultwit #femislam eps 05, mengupas tokoh2 Muslimah (yg tersembunyi) stlh era Sahabat..

131. Sdh jama’ diketahui, bhw para Istri Nabi & para Sahabat perempuan memiliki andil  yg besar dlm mentransmisikan hadits. #femislam

132. Sangat wajar, jika nama para Istri & Sahabat perempuan terukir dlm sejarah peradaban (periode pertama) Islam. Tp sesudahnya? #femislam

133. FYI, ktika Nabi blm wafat, blm ada klasifikasi ilmu. Dikotomi ilmu agama (sprti Fiqih & Tafsir) terjadi pasca era Sahabat. #femislam

134. Ktika jaman Nabi, seorg tokoh (perempuan) bs concern dlm berbagai bidang ilmu agama. Krn saat itu wah
yu msh aktual. #femislam

135. Data yg mengekspose sejarah kondisi perempuan era pasca Sahabat mmg sangat langka. Ini terjadi krn kesengajaan. #femislam

136. Bidang keilmuan yg diminati tokoh2 perempuan pasca Sahabat sangat variatif, Tafsir, Hadits, Fiqih, Sastra, Kaligrafi, dsb. #femislam

137. Dlm bidang Fiqih & Hadits, ada Amra bint Abdurrahman (98 H). Slain tmn akrab Aisyah, ia jg salah seorg Mufti di Madinah. #femislam

138. Ahli fiqih & hadits perempuan lainnya adlh Hafsah bint Sirrin (w. 100 H). Ia jg trknl sbg pribadi yg Sufi dr Iraq. #femislam

139. Aisyah bint Thalhah (cucu Abu Bakar) & Ummu al-Banin jg trsohor menguasai Hadits & Fiqih. #femislam

140. Pada abad ke4 H ada Mufti perempuan yg menguasai Fiqih Syafi’i & Ilmu Waris: Ummu Isa bint Ibrahim & Amah al-Wahid. #femislam

141. Pd abad 6 H ada Fatimah-Samarqand. Abad 7 H ada Ain al-Syam & Ummu Baqa. Di abad 7 H ada Ummu Zainab-Iraq & Ummu Izz-Kairo. #femislam

142. Pd abad 9 H, ada Aisyah bint Ali -pengikut Hambali dr Kairo yg prnh study hingga Syiria. Tokoh ini sangat fenomenal. Knp? #femislam

143. Ummu Fadhl slain menguasai Hadits, Fiqih, Sejarah & Sastra. Ia jg mempunyai murid yg handal, yaitu Ibn Hajar Asqalani. #femislam

144. msh di abad 9H, jg ada Ummu Hani-Kairo yg prnh study di Mekah hingga menguasai sluruh cabang ilmu Quran-Hadits. #femislam

145. Pd abad 10H, ada Aisyah al-Bauniyah. Slain mufti dia jg syaikhah tasawuf. Slain itu jg ada Khadijah al-Bailuni. #femislam

146. Pd abad 12H, ada Zubaidah bint As’ad (kluarga dinasti Utsmaniyah), yg karya2-ny hingga dikenal di Persia & Turki. #femislam

147. Dlm bidang Sastra, Abu Farraj (abad 3H) dlm buku kumpulan biografiny,a menyebut setidaknya 200 nama penyair wanita. #femislam

148. Bidang hadits adlh bidang yg paling bnyk memunculkan tokoh2 perempuan pakar hadits. Wajar, Istri Nabi banyak. #femislam

149. Hampir smua istri Nabi memiliki keahlian meriwayatkan Hadits. bahkan slh satu istrinya ada yg jd jubir di kalangan wanita. #femislam

150. Bidang tasawuf/mistisme jg bnyk memunculkan nama perempuan. Hanya sj, pr sejarawan tdk mengulasnya scara detail. #femislam

151. Biasanya, perempuan2 Sufi dsbut dg julukan2, sprti: Gadis di Tepi Sungai, Perempuan di Ka’bah, Perempuan Shalehah. #femislam

152. Banyak skali kisah yg menyebutkan kecerdasan perempuan Sufi yg dijadikan tempat berguru o/ para lelaki. Tdk hanya Rabi’ah. #femislam

153. Dpt disimpulkan, bhw pd abad 1 & 2 H tlah muncul banyak nama perempuan. Tp mulai abad 3-9H trjadi penurunan drastis. Knp? #femislam

154. Terjadinya kemunduran pendidikan perempuan pd abad 3-9 H adlh krn pengaruh Ulama laki2 pd dinasti Abbasiyah. #femislam

155. Pd saat itu, kajian tafsir didominasi Ulama laki2, shg menjamur-lah idealisme patriarkisme ke seluruh pelosok2. #femislam

156. Pd saat itu jg, para Ulama lki2 berdalih. Jmlh buta-huruf permpuan trs meningkat. Klo bnr, ini kesalahan Penguasa & Ulama. #femislam

157. Artinya, kemrosotan jmlh permpuan peminat kajian Quran-Hadits bukanlah kesalahan perempuan. Namun dsebabkan tirani. #femislam

158. Tdk terekamnya sejarah perawi hadits perempuan dg jlas, adlh kesengajaan Ulama laki2 dlm “menindas” cendekiawan perempuan. #femislam

159. Tingginya standart yg digunakan sbg kriteria ilmiah o/ laki2 kpd permpuan, jg mnjadi penyebab terhambatnya peluang perempuan. #femislam

160. Jadi intinya, diskriminasi trhdp perempuan pd abad ke 3-9 H adlh sbuah kesengajaan Ulama laki2 yg dilindungi tirani. #femislam

161. Sejatinya, dlm sejarah awal Islam (1-3 H), prmpuan memiliki hak yg sama dlm wilayah publik. Namun rekayasa timbul stelahnya. #femislam

162. Pengungkapan sejarah tokoh perempuan Islam tanpa analisa, akan hambar. Krn didalamnya terdapat praktek patriarkisme. #femislam

163. Jadi, knp ada kesan “prmpuan dlm Islam tdk produktif?” Krn, ada kesengajaan lk2 u/ menghmbat prmpuan dlm pendidikan. #femislam

164. Intinya, ketidakproduktifan prmpuan yg kita ktahui dr sejarah bukanlah kesalahan prmpuan. Tpi laki2 lah yg menghambatnya. #femislam

165. Prmpuan adlh pendamping lk2, bgtu jg sbaliknya. Trlebih dlm pendidikan. Demikian @kultuit ttg #femislam ini. Smoga kita objektif.

No comments:

Post a Comment