Pengumuman: Saya ingin cerita ttg sebuah masjid yg dihancurkan 8 tahun y.l., dan persoalannya masih panas sampai hari ini. #Msj.
2. Menjelang pembakaran, kaum fundamentalis Hindu berkumpul. Ada 150 ribu orang ikut dlm rapat umum itu. #msj
3. 18 tahun y.l. itu peristiwa tsb memicu konflik yg mengerikan. 2000 tewas. Orang Islam membela diri atau membalas, dihantam lagi.#Msj
4. Konflik merambat ke kota2 India lain, mis.Mumbay dan New Delhi. Dlm film “”Slumdog Millionaire”” sekilas tampak kekerasan itu. #msj
5. Dlm buku “”Maximum City: Bombay, Lost and Found”” Suketu Mehta, dilukiskan kebuasan fundamentalis Hindu + preman2-nya thd org Muslim. #msj
6. Penduduk Muslim hanya sekitar 13% di India: sebuah kelompok minoritas. Meskipun jumlahnya 138 juta. #msj
7. Masjid Babri didirikan thn 1527, oleh Babur, maharaja Moghul pertama. Zaman Moghul adalah zaman kekuasaan Muslim di India. #msj
8. Konflik ttg ini pernah terjadi pernah meletup di th 1853. Pemerintah India bertindak: di tempat itu dilarang dibangun candi. #msj
9. Konflik ttg ini pernah terjadi pernah meletup di th 1853. Pemerintah India bertindak: di tempat itu dilarang dibangun candi. #msj
10. Tapi menjelang akhir abad ke-20, kaum Fundamentalis Hindu jadi kuat, dan berhasil mengguyahkan asas Republik India yg “”sekuler”“.#msj
11. Memamg kaum fundamentalis di semua agama berkibar di dunia sejak itu (Islam, Yahudi, Kristen), dan agama jadi api + pedang. #m”
12. Klaim kaum Hindu Fundamentalis atas Masjid Babri punya ciri yg mirip dgn kaum fundamentalis Islam atau yg lain ttg “”asal-usul”“. #msj
13. Bg mereka, “”asal-usul”” itu menentukan yg benar, sah, suci. Bagi mereka sejarah tidak pernah menyumbang kebaikan + kesucian. #msj
14. Mereka berpegang ke masa lalu yg mereka anggap masih murni. Tapi masa lalu itu mereka pilih dan mereka tafsirkan sendiri. #msj
15. Maka kaum fundamentalis Hindu itu anggap masa lalu yg sah adalah sebelum abad ke-16. Yg lain dianggap penyelewengan. #msj
16. Mereka anggap tak ada masa lalu selain masa Hindu. Padahal kaum umat Jainis mengkiam juga bhw tempat itu dulu tempat agama mereka. #msj
17. Jadi, masa lalu yang mana yg sah? Persoalan ini tak perlu ada seandainya masa lalu tak dianggap keramat. #msj
18. Konlfik Masjid Babri tak akan meletus andai sejarah umat Islam juga dihargai. Apalagi sumbangannya tak kecil bg kebudayaan India. #msj
19. Kemaharajaan Moghul yg Islam berlangsung antara abad ke-16 s/d ke-19. Melahirkan arsitektur yg menakjubkan, juga seni dan teknik. #msj
20. Bagi kaum fundamentalis Hindu, itu justru “”penjajahan”” yg harus dibalas. Bagi mereka, sejarah kekuasaan Hindu tanpa cela. #msj
21. Tapi umat Islam di India, meskipun cuma 13%, punya hak yg dilindungi Konstitusi. Republik India tak memihak ke kaum mayoritas. #msj
22. Apalagi orang Muslim di India sudah lebih tua ketimbang kekuasaan Moghul yg asalnya dari “”luar”“. #msj
23. Sejak kemerdekaan India th 1947, sudah ada tiga orang Muslim yg jadi Presiden, dan beberapa duduk di Mahkamah Agung. #msj
24. Perpecahan India dari mana Pakistan lahir merupakan trauma, tapi tampaknya India yg “”non-agama”” jadi lebih menonjol prestasinya. #msj
25. Pakistan tak sebagus India dlm ekonomi & teknik. Politiknya tak stabil. Juga negeri Islam itu pecah: lahir Banglasedih dgn perang. #msj
26. Tak berarti India langsung bebas dari fanatisme agama. Lahirnya kaum fundamentalis sbg kekuatan politik merusak politik India. #msj
27. Pekan lalu pengadilan setempat memutuskan membagi lokasi Madjid Babri itu baik utk Hindu maupun Muslim. Suasana tegang. #msj
28. Ada penafsiran bhw keputusan itu menguntungkan kaum fundamentalis Hindu. Mahkamah Agung India ditunggu utk memberi kata akhir. #msj
29. Kasus penghancuran Masjid Babri adalah contoh satu keyakinan agama yg dianggap mutlak hrs diberlakukan di dunia yg rumit. #msj
30. Hasilnya adalah pemaksaan. Kekerasan. Pembunuhan. Akhirnya pertanyaan: untuk apa sebenarnya agama bagi kita, jika begitu? #msj
31. Sekian. Terima kasih. Semoga bermanfaat. #msj
#msj oleh @gm_gm
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment