Follow kami di: Twitter , Tumblr, Wordpress, dan Facebook

#Khaldun (Ibnu Khaldun) oleh @tokohmuslim

sesuai janji kami akan membahas biografi tentang Ibnu #Khaldun silahkan menyimak :)


Nama Ibnu #Khaldun adalah Waliuddin Abdurrahman bin Muhammad bin Muhammad bin Abi Bakar Muhammad bin al-Hasan.


lahir 27 Mei 1332/732H, wafat 19 Maret 1406/808H) adalah seorang sejarawan muslim dari Tunisia. Ibnu #Khaldun


Ibnu #Khaldun sering disebut bapak pendiri ilmu historiografi, sosiologi & ekonomi.Karyanya yang terkenal adalah Muqaddimah(Pendahuluan)Di antara sekian banyak pemikir masa lampau yang mengkaji ekonomi Islam, Ibnu #Khaldun merupakan salah satu ilmuwan yang paling menonjol.


#Khaldun bukan saja Bapak sosiologi tetapi juga Bapak ilmu Ekonomi, karena banyak teori ekonominya yg jauh mendahului Adam Smith dan Ricardo


Artinya, ia lebih dari 3 abad mendahului para pemikir Barat modern tersebut. Ibnu #khaldun


Muhammad Hilmi Murad secara khusus telah menulis karya ilmiah berjudul Abul Iqtishad : Ibnu #Khaldun (Bapak Ekonomi : Ibnu Khaldun) (1962)


Dalam tulisan tersebut Ibnu #Khaldun dibuktikannya secara ilmiah sebagai penggagas pertama ilmu ekonomi secara empiris.


Sebelum Ibnu #Khaldun, kajian2 ekonomi di dunia Barat masih bersifat normatif, adakalanya dikaji dari perspektif hukum, moral dan filsafat.


Karya-karya tentang ekonomi oleh para imuwan Barat, seperti ilmuwan Yunani dan zaman Scholastic bercorak tidak ilmiah. Ibnu #Khaldun


karena pemikir zaman pertengahan tersebut memasukkan kajian ekonomi dalam kajian moral dan hukum. sedangkan #Khaldun secara empiris


Tulisan-tulisan dan pemikiran Ibnu #Khaldun terlahir karena studinya yang sangat dalam, pengamatan terhadap berbagai masyarakat


yang dikenalnya dengan ilmu dan pengetahuan yang luas, serta #Khaldun hidup di tengah-tengah mereka dalam pengembaraannya yang luas pula.


Ibn #Khaldun membahas aneka ragam masalah ekonomi yang luas, termasuk ajaran tentang tata nilai, pembagian kerja, sistem harga


#khaldun : hukum penawaran dan permintaan, konsumsi dan produksi, uang, pembentukan modal, pertumbuhan penduduk, makro ekonomi dari pajak .


dan pengeluaran publik, daur perdagangan, pertanian, indusrtri dan perdagangan, hak milik dan kemakmuran, dan sebagainya. Ibn #Khaldun


Ibnu #Khaldun juga membahas berbagai tahapan yang dilewati masyarakat dalam perkembangan ekonominya.


Kita juga menemukan paham dasar yang menjelma dalam kurva penawaran tenaga kerja yang kemiringannya berjenjang mundur. Ibnu #Khaldun


Panjang sekali jika kita berbicara tentang biografi Ibnu #Khaldun, namun ada 3 periode yang bisa kita ingat kembali.


Periode pertama, masa dimana Ibnu #Khaldun menuntut berbagai bidang ilmu pengetahuan. Yakni, ia belajar Alquran, tafsir, hadis, usul fikih


lalu tauhid, fikih madzhab Maliki, ilmu nahwu dan sharaf, ilmu balaghah, fisika dan matematika. Ibn #khaldun


Dalam semua bidang studinya mendapatkan nilai yang sangat memuaskan dari para gurunya. Namun studinya terhenti karena penyakit pes/ #Khaldun


penyakit pes telah melanda selatan Afrika tahun 749 H. yg merenggut ribuan nyawa.Ayahnya & sebagian besar gurunya meninggal dunia. #Khaldun


#Khaldun pun berhijrah ke Maroko selanjutnya ke Mesir, Periode 2 ia terjun dalam dunia politik dan sempat menjabat berbagai posisi penting


posisi penting kenegaraan seperti qadhi al-qudhat (Hakim Tertinggi) contohnya. Ibn #khaldun


Namun, akibat fitnah dari lawan-lawan politiknya, Ibnu Khaldun sempat juga dijebloskan ke dalam penjara. ibn #Khaldun


SETELAH keluar dari penjara, dimulailah periode 3 kehidupan Ibnu #Khaldun yaitu berkonsentrasi pada bidang penelitian & penulisan


ia pun melengkapi dan merevisi catatan-catatannya yang telah lama dibuatnya. Seperti kitab al-’ibar (tujuh jilid). Ibn #khaldun


kitab al-’ibar (tujuh jilid) yang telah ia revisi dan ditambahnya bab-bab baru di dalamnya, nama kitab ini pun berubah. Ibn #khaldun


al-’Ibar wa Diwanul Mubtada’ awil Khabar fi Ayyamil ‘Arab wal ‘Ajam wal Barbar wa Man ‘Asharahum min Dzawis Sulthan al-Akbar.Ibn #Khaldun


Kitab al-i’bar ini pernah diterjemahkan & diterbitkan oleh De Slane pada tahun 1863, dengan judul Les Prolegomenes d’Ibn Khaldoun. #khaldun


Namun pengaruhnya baru terlihat setelah 27 tahun kemudian. Tepatnya pada tahun 1890, Ibn #Khaldun


yakni saat pendapat2 Ibn #Khaldun dikaji dan diadaptasi oleh sosiolog German danAustria yang memberikan pencerahan bagi para sosiolog modern


DR. Bryan S. Turner menyatakan : “Tulisan2 sosial dan sejarah dari Ibnu #Khaldun hanya satu2nya dari tradisi intelektual… cont


tradisi intelektual yang diterima dan diakui di dunia Barat, terutama ahli2 sosiologi dalam bahasa Inggris ” #Khaldun


ADA beberapa catatan penting dari sini yang dapat kita ambil bahan pelajaran. Bahwa Ibnu #Khaldun menjunjung tinggi ilmu pengetahuan


tidak ada keterangan seperti itu, buku2 di barat pun menulis dng nama Ibnu Khaldun RT @sigitdani: nama baratnya ibnu #khaldun siapa ya?


tidak meremehkan akan sebuah sejarah. Ia adalah seorang peneliti yang tak kenal lelah dengan dasar ilmu dan pengetahuan yang luas #khaldun


Ia selalu memperhatikan akan komunitas-komunitas masyarakat. Selain seorang pejabat penting, #Khaldun pun seorang penulis yang produktif


Ia menghargai akan tulisan-tulisannya yang telah ia buat. Bahkan ketidaksempurnaan dalam tulisannya ia lengkapi dan perbaharu. #Khaldun


Sehingga karyanya benar-benar berkualitas, yang di adaptasi oleh situasi dan kondisi. Ibn #Khaldun


Karena pemikiran-pemikirannya yang briliyan Ibnu #Khaldun dipandang sebagai peletak dasar ilmu-ilmu sosial dan politik Islam.


Dasar pendidikan Alquran yg diterapkan oleh ayahnya menjadikan Ibnu #Khaldun mengerti tentang Islam& giat mencari ilmu selain ilmu keislaman


Ibn #Khaldun Sebagai Muslim dan hafidz Alquran, ia menjunjung tinggi akan kehebatan Alquran. Sebagaimana dikatakan olehnya :


“Ketahuilah bahwa pendidikan Alquran termasuk syiar agama yang diterima oleh umat Islam di seluruh dunia Islam. Ibn #Khaldun


“Oleh kerena itu pendidikan Alquran dapat meresap ke dalam hati dan memperkuat iman. .. ujar Ibn #Khaldun


Dan pengajaran Alquran pun patut diutamakan sebelum mengembangkan ilmu-ilmu yang lain.” Ibn #Khaldun


Ibnu #Khaldun, ia wafat di Kairo Mesir pada saat bulan suci Ramadan tepatnya pada tanggal 25 Ramadan 808 H./19 Maret 1406 M.


sekian tentang Ibnu #Khaldun , ada yg ingin menambahkan? silahkan nanti di retweet :)

No comments:

Post a Comment