Follow kami di: Twitter , Tumblr, Wordpress, dan Facebook

#sejarahsampit oleh @RusnaniAnwar

salah satu sejarah asal mula kota Sampit adalah dgn adanya cerita Jungkir bin Sampit. #sejarahsampit

ada 3 versi yg kmudian brkembang, versi jungkir, pdagang 31 cina, dan kerajaan Sampit. #sejarahsampit

hingga sekarang, rumah peninggalan Sampit masih berdiri di kawasan baamang hulu, pun dgn makamnya. Dikeramatkan #sejarahsampit

sampit sendiri adalah nama kota di seberang sana yg kini kita kenal Seranau #sejarahsampit

sedangkan sampit adalah seranau, dilihat dari papan nama selamat datang kedua tempat yg seperti tertukar. #sejarahsampit

Sampit, adalah warga batibati yg menyebar agama islam di sampit, awal tahun 1920an. #sejarahsampit

masyarakat saat itu, ratarata masih beragama kaharingan, dan sampit hanyalah kota kecil berkeliling hutan. #sejarahsampit

lokasi brengsel, dulunya adalah kediaman Sampit. Tahun 1947, belanda bernegoisasi dengannya. #sejarahsampit

pasalnya rumah Sampit adalah lokasi strategis dimana dua alur sungai bertemu. Tempat yg cocok untuk pendirian brengsel #sejarahsampit

dear @infosampit, saya menulis mengenai sejarah sampit. Cek hastag #sejarahsampit atau baca timeline saya yah :)

maafkan jedanya yah ^^ saya menuju tempat siaran. Lanjut lagi mengenai #sejarahsampit

saya pribadi menilai, keberadaan brengsel secara langsung memberikan dampak dalam pembentukan kota Sampit. #sejarahsampit

thn 40an, kala brengsel didengungdengungkan akan berdir, terjadilah gelombang migrasi pertama madura ke sampit. untuk bekerja #sejarahsampit

+- seperti fenomena sawit deh, dgn afeksi kental dari budaya madura, Sampit kmudian mnjadi semua kota multikultur. #sejarahsampit

2000 pekerja brengsel kala itu, 70 persen merupakan wrga madura. Ini terkait dengn pola kebijakan transmigrasi orba kala itu #sejarahsampit

perlahan, kota berselimut hutan itupun berkembang perlahan menjadi kota kecil dgn brengsel sebagai denyut utamanya #sejarahsampit

apa hubungannya dengan Sampit dengan kisah saya? well, saya sendiri baru sadar koneksi ini kala berkunjung ke rumah Sampit #sejarahsampit

rumah Sampit itu memang benar2 pernah dipindah pada tahun 1948. Dilihat dari lubang bekas paku yg dibongkar #sejarahsampit

jeda dulu #sejarahsampit nya, susah ngetik sambil siaran gini. Jam 5 sore nanti lanjut lagi ^^ stay tune!

madura-lah yang kemudian memiliki banyak andil dalam pembentukkan sejarah sampit. tentu saja dengan afeksi budaya banjar #sejarahsampit

teori saya mungkin terdengar ganjil. Tapi disadari atau tidak, banyak aspek budaya di sampit yang kemaduramaduraan #sejarahsampit

di sampit aliran agama yang menonjol justru Muhammadiyah. Padahal, banjarmasin didominasi NU. ini lantaran afeksi madura #sejarahsampit

juga budaya2 kecil kasatmata. sulit ditampik. Di Sampit, terjadi tida kalo gelombang migrasi kaum madura. #sejarahsampit

masing2 1940 (brengsel), 1980 (alasan ‘mencari aman’ dari gejolak PKI) dan 1990an, (HPH dan kilang kayu mulai menjamur) #sejarahsampit

hm.. saya terdengar promadura ya ^^ padahal saya asli dayak yang cinta mati terhadap kota kecl ini #sejarahsampit

yang pengen tau lbih jauh ttg rumah Jungkir bin Sampit, kunjungi blog saya yah, nuhun http://t.co/JavINwI #sejarahsampit

strata dibagi menjadi kaum buruh dan kaum berada. Dominasi sih di kaum buruh. mereka menyebar di pasar keramat dan kamar20 #sejarahsampit

sementara kaum ‘elit’, tinggal di gatot subroto dan jalan Sampurna (rel). dan kaum elit didominasi belanda, cina dan dayak #sejarahsampit

sementara kelas buruh, didominasi kaum madura, jawa dan sebagian bnjar. kala itu, kaum dayak mendapat posisi ‘baik’ #sejarahsampit

hal ini lantaran gelombang orba dan rezim anti komunis yg perlahan menggusur kaum asing. tahun 60an #sejarahsampit

sejak itu, kaum asli (dayak) mendapat perlakuan istimewa. istilah Putra Daerah mulai muncul sejak kala itu. hingga sekarang #sejarahsampit

ini juga berhubungan erat dengan program ‘pemberdayaan daerah’ masa orba. Penduduk asli lantas meraja #sejarahsampit

hmm.. kok rasanya kultwit saya berantakkan ya? ^^ abis ini pengen ngomongin ttg konflik 2001. #sejarahsampit

oke,ngomongin tentang konflik etnik (baca : Kerusuhan 2001) ga lepas dengan masa2 brengsel. percikan itu sudah ada sejak lama #sejarahsampit

peneliti LIPI dan mahasiswa pasca sarjana UI menghubungi saya bbrapa saat yg lalu. ia mmbuat desertasi mngenai kerusuhan. #sejarahsampit

singkatnya, saya bertemu dgnnya jumat lalu. dia membaca blog saya. kami berbincang mengenai kerusuhan selama enam jam penuh #sejarahsampit

seperti apa sih, mindset mengenai kerusuhan yang selama ini ada di kepala kita? pasti ‘madura ingin menguasai sampit’ #sejarahsampit

atau ‘madura tidak menghormati warga asli’ tidak menerapkan ‘Belum Bahadat’ atau ‘dimana bumi dipijak disitu bumi dijunjung’ #sejarahsampit

sebenarnya, mindset seperti itu dibentuk oleh LMMDDKT dgn ‘buku merah’nya. #sejarahsampit

LMMDDKT adalah Lembaga Musyawarah Masyarakat Dayak dan Daerah Kalimantan Tengah.  #sejarahsampit

buku merah adalah semacam ‘laporan’ kepada pemerintah pusat mengenai kronologis kerusuhan. disusun oleh LMMDDKT #sejarahsampit

mari saya kutip beberapa isi ‘buku merah’ tersebut. 1. Tahun 1972 di Palangka Raya, seorang gadis Dayak digodai dan diperkosa #sejarahsampit

2. 1983, di Kec Bukit Batu, Kasongan, seorang warga Kasongan etnis Dayak di bunuh (perkelahian 1 Dayak dikeroyok 30 madura). #sejarahsampit

3. 1996 P.Raya, seorang gadis Dayak diperkosa dan di bunuh dengan kejam oleh orang Madura, ternyata hukumannya sangat ringan. #sejarahsampit

baik, itu dia tiga kutipan buku merah. followers pasti sudah cukup cerdas untuk menangkap apa yang saya maksud, kan? #sejarahsampit

dgn penjelasan buku merah, dan petinggi Sampit saat itu, maka kurang lebih opini yang terbentuk adlah : #sejarahsampit

ketidakmampuan etnis Madura untuk memberikan toleransi terhadap hampir seluruh aspek kehidupan Suku Dayak Kalimantan Tengah #sejarahsampit

saya enggan menyebut konspirasi, namun sangat nampak upaya menyudutkan suku tertentu dan doktrinasi massal di Sampit. #sejarahsampit

yang aneh bagi saya adalah pembreidelan IKAMA (ikatan keluarga madura) di Sampit. Kita tau, kala itu diketuai Alm. Marlinggi #sejarahsampit

sampai dibentuk perda (peraturan daerah) yg khusus membahas perkara IKAMA ini. Perda Kotim nomor 5 tahun 2004 #sejarahsampit

IKAMA, sama sekali bukan perkumpulan yang mengandung bahaya terselubung (laten)., pamornya mmg tidak cukup baik di masyarakat #sejarahsampit

IKAMA dikenal melindungi preman dan kerap mengeluarkan ‘penjahat madura’ dari penjara. tapi kenapa IKAMA begitu mnjad momok? #sejarahsampit

sekali lagi, sy menangkap adanya upaya penimpaan kesalahan pada suku tertentu. dengan menciptakan public statement sperti itu #sejarahsampit

kerusuhan 2001 merupakan sejarah, dan sejarah bukan fakta agregat yang mutlak benar. ia bisa berubah :) #sejarahsampit

hingga saat ini, perkumpulan ini dilarang berdiri, diatur dalam perda Perda Kotim nomor 5 tahun 2004 pasal 7 ayat (2). #sejarahsampit

“Tidak terlibat langsung pada peristiwa konflik dan tidak terdaftar dalam pengurus IKAMA” sbagai syarat kembali ke Sampit #sejarahsampit

kenapa IKAMA begitu ditakuti? Kotim seperti paranoid. padahal, IKAMA sama sekali bukan kaum well-educated. mreka pdagang! #sejarahsampit

petinggi kotim berkata : “sebagai upaya mencegah berulangnya kejadian itu”. Tweeps bisa nangkep statement implisit itu? #sejarahsampit

berkas acara polisi masih dsusun. belum ada kepastian apakah yg masuk daftar penyulut keru
suhan itu berasal dari suku mana #sejarahsampit

lalu sekali lagi saya bertanya, how to portraying kerusuhan in our mind? ya, madura yg salah lantaran ngelunjak ditanah orang #sejarahsampit

masih ingat ketika bulan februari lalu berhembus isu adanya kerusuhan susulan? sms beredar mngenai itu. ingat? #sejarahsampit

pemerintah sangat hati hari mmberikan penjelasan, rakyat panik, pasar sepi sekolah libur. hanya lantaran isu. #sejarahsampit

oke, balik ke masalah dmana langit dijunjung disitu bumi dipijak. thn 2001, jmlah pnduduk kotim tak sampai 150 rbu. #sejarahsampit

sementara jumlah pengungsi kerusuhan mencapai 60 ribu jiwa. itu yg tercatat melalui kapal. belum yg tewas. #sejarahsampit

ini artinya. di kotim kala itu, 35 persen berisikan warga madura. dan mreka tinggal di kota Sampit. sisanya kaum urban #sejarahsampit

dayak? mereka tinggal di pedalaman. ini berkaitan erat dengan sejarah sampit era 40-90an. #sejarahsampit

lantas, apakah istilah dimana bumi dipijak disitu langit djunjung relevan dengan keadaan geososial kala itu? #sejarahsampit

tahun 2003, Sofjan Tinggang, dosen skaligus rektor jurusan sosial Unpar mengeluarkan ‘buku putih’. opposite dari buku merah #sejarahsampit

isinya semacam penjabaran rinci mengenai apa yang sesungguhnya terjadi. jauh lebih tebal dari buku merah #sejarahsampit

ada semacam dekonstruksi IKAMA selama ini. dibuat figur sebagai ‘dalang’. dan IKAMA, adalah representasi warga madura #sejarahsampit

this is it. Kultwit ttg sejarah awal sampit yang merembet ke kerusuhan. dont take it seriously. saya hanya mencoba memberitau #sejarahsampit

hingga sekarang, teori mengenai adanya kcemburuan sosial enggan diakui oleh pemerintah.pdahal, ini justru mnjadi alsan trkuat #sejarahsampit

knapa kuat? coba berfkir secara logis dan berdasar pada sifat asli masing2 suku. setiap suku pasti punya kecirian, ya kan? #sejarahsampit

dlm sosiologi disebut etnical stereotype. cth: orng batak pemarah, sunda kalem dan betawi cablak. seperti apa dayak & madura? #sejarahsampit

dayak dikenal sebagai suku yg memiliki rasa kesukuan yg tinggi.tak heran masih bnyak yg animisme dan mnjalankan titah leluhur #sejarahsampit

dayak masih berorientasi pada pemikiran baheula. bahwa kalimantan ini milik leluhurnya. baik, ini memang benar #sejarahsampit

mmg benar dayak merupakan penduduk asli. tapi bukankah ada perbedaan besar antara ‘penduduk asli’ dan ‘pemilik pulau?’ #sejarahsampit

stilah belum bahadat (tnah milik leluhur) sudah kadaluarsa. sejak BPN terbentuk, tanah menjadi milik mereka yg brsertifikat.#sejarahsampit

sementara madura, tertempa oleh alam. tanah madura sungguh gersang. mrk trbiasa bnting tulang demi makan #sejarahsampit

apa yg kemudian trjadi jika mreka menerapkan krja kerasnya di tanah subur kalimantan? tentu saja : Sukses! #sejarahsampit

ini sebabnya kondisi kecemburuan sosial begitu kuat diajukan sbagai latar belakang kerusuhan #sejarahsampit

bagaimana rasanya melihat tetangga yg sukses kaya raya di tanah kita? saya pribadi pasti merasa iri. #sejarahsampit

lantas sbagai distraksi, disebut2 pemerntah pilih kasih, penjahat madura kerap dilepas. #sejarahsampit

but hey, sejak zaman kuda makan batu, hukum di negara ini bisa dibeli! bukan sebab suku, tpi sebab uang  #sejarahsampit

tapi ini luka lama. jangan diungkit ungkit lagi, kata petinggi. maka sudahlah, biarkan ia terkubur tanpa pembenaran ^^ #sejarahsampit

udahaannnn ^^ saya masih pengen hidup dengan damai! selamat sore smua. saya tegaskan saya orang dayak yg cinta sampit! #sejarahsampit

No comments:

Post a Comment