Follow kami di: Twitter , Tumblr, Wordpress, dan Facebook

#Mandala oleh @deritiramitzu

Cardig internasional mengakuisi si perusahaan tsbt dgn nilai 34 jt dola AS pd bln april 2006 #Mandala



Cardig internasional adlah perusahaan yg brbasis di indo yg memfokuskan bisnis di bidang industri penerbangan komersial #Mandala



Nmun prmasalahan tdk brhenti smpai disitu , pemilik br trnyata jg hrus mmbayar hutang2 pemilik lama #Mandala



Bahkan menurut rumor, bnyk pr petinggi dan mntan ptinggi kostrad yg mengaku aku punya saham di #Mandala



Enam bulan kemudian cardig menjual 49% kepemilikanx kpd indigo partners #Mandala



Indigo adalah perusahaan yg berpusat di arizona, AS dan mengkhususkan diri pd akuisisi & investasi strategis di bisnis penerbangan #Mandala



Cardig ingin lbh memfokuskan mandala menjadi maskapai kelas atas menyaingi garuda indonesia #Mandala



Sedangkan indigo yg jg mmpunyai sham dibeberapa maskapai di negara lain adalah spesialis maskapai berbiaya renda #Mandala



Perbedaan coba dikesampingkan dgn menggaet seorang profesional penerbangan di dunia internasional warwick brady sebagai CEO #Mandala



Warwick menggamit beberapa koleganya yg murni profesional untuk duduk di jajaran direksi #Mandala



Pada 2007 disepakati pembelian pesawat airbus seri A320 sebanyak 30 unit dgn total harga 1,8 miliar dolas AS #Mandala



Sebelumnya pesawat2 itu datang, maskapai menggunakan pesawat2 boeing yg saat itu tlah ad dan psawat br airbus seri A320 #Mandala



Penggunaan psawat airbus ini bs dimaklumi krn indigo sbagai pemegang saham jg mnggunakan psawat serupa untuk maskapai di ngara lain #Mandala



Warwick mncoba profesional dan membuat rncana binis bagi mandala dengan tangan dingiinya mandala brhasil mendapat peringkat 1 #Mandala



Mandala mencoba daftar untk mndapat sertifikat keselamatan penerbangan versi asosiasi maskapai penerbangan versi IATA #Mandala



Pendek kata warwick memposisikan maskapai yg dipimpinnya itu sebagai maskapai kelas menengah atas seperti halnya garuda #Mandala



Namun disinilah justru permasalahan mendasar muncul , indigo yg sdh terbiasa dgn bisnis ala LCC tetap mengingkan #Mandala



Indigo yg menempatkan adrian hamilton manns sbagai direktur komersial trus memaksakan konsep bisnisnya tersbut #Mandala



Indigo yg diatas kertas hnya memiliki 49% saham , trnyata mrupakan pemilik saham mayoritas #Mandala



Saham yg 51% trnyata dikuasai olh beberapa org yg trnyata jg pnya pemikiran tdk seragam #Mandala



Warwickpin memprtahankan konsep dgn sia2 pd februari 2009 stelah mandala mendeklarasikan penggunaan hnya stu jnis pesawat seri A320 #Mandala



Warwick mengundurkan diri dalam pertemuan dgn pemegang saham di singapura #Mandala



Diono nurjadin, presiden komisaris mndala sekaligus CEO langsung mengambil kendali di era kepemimpinan diono #Mandala



Warwick berhasil membuka larangan trbang uni eropa pd juli 2009 dan mendapatkan sertifikat IOSA pd maret 2010 #Mandala



Diono yg di dukung karyawan jg tetap tdk bisa menyelesaikan masalah internal mandala dan indigo tetap pd pendiriannya #Mandala



Bahkan mereka tdk mau mengucurkan dana segar untuk operasional lagi #Mandala



Hubungan para direksi tdk harmonis Sdh tdk aneh jika para staf direksi mndengar gbrakan meja dan pintu ruangan yg ditutup dgn keras #Mandala



Gaya kepemimpinan diono yg cnderung elitis membuat pertentangan itu semakin tidak kendali #Mandala



Saat itu sudah berhembus kabar adanya investor lokal yg berminat menyuntikkan dana dan menggantikan peran indigo #Mandala



Namun agaknya indigo masih bergeming dan indigo setuju untuk restruksisasi perusahaan asalkan kmposisi seperti semula #Mandala



Artinya indigo akan tetap mnjadi mayoritas. Sudah tntu hal ini malah mnjadikan situasi mnjadi rumit #Mandala



Padahal dalam UU no 1 thun 2009 penerbang sdh di intruksi bahwa pemegang ham mayoritas disebuah maskapai nasional #Mandala



Pncak kisruh menjelang lebaran tahun lalu , mandala menyatakan menjadi maskapai berbiaya & berpelayanan rendah dgn kriteria menper #Mandala



Pernyataan ini dibuat oleh adrian tanpa persetujuan diono #Mandala



Teknis operasional serta pesawat yg sdh di set untk pelayanan menegah dgn trpaksa dipakai untk pelayanan rndah #Mandala



Namun bagu mandala adalah sebuah malapetaka karena harus menomboki biaya opersional yg tdk imbang dengan pemasukan #Mandala



Semua akhirnya berujung di malam 12 januari , disaat direktur utama mandala memutuskan menghentikan smntara operasi maskapainya #Mandala



Selama sengketa internal itu , jumlah armada mereka trus merosot sejak mengumumkan hanya menggunakan seri A320 dan punya 11 pesawat #Mandala



Jumlahnya merosot pd tahun 2010 hingga tinggal 5 unit #Mandala



Sebenarnya perusahaan hnya akn mengembalikan 2 psawat dan akan bertahan dengan 3 psawat #Mandala



Namun entah knp akhirnya diono memutuskan mengembalikkan smua psawat ke indigo dgn alesan sewanya terlalu mahal #Mandala



Jadilah mandala berhenti beroperasi smntara krn tiadanya psawat yg dioperasikanx #Mandala



Dlm rapat dengar pendapat dengan komisi 5 dewan prwakilan rakyat pd 19 januari lalu #Mandala



Diono menyatakan bahwa maskapainnya mengalami salah strategi akibatnya kami kalah bersaing #Mandala



Untuk menggerakan mandala kmbali bukan hal yg mdh mrka saat ini benar2 tdk pnya pesawat #Mandala



Tiga puluh pesawat baru yg dipesan dr airbus dapat dipastikan tdk akan datang #Mandala



Jumlah hutang maskapai mandala berkisar 1 triliun #Mandala



Saat ini manajemen mncoba menempuh proses penundaan kewajiban pembayaran hutang di pengadilan niaga jakpus #Mandala



Manajemen jg akn menarik investor baru langkah ini sdh disetujui oleh pemilik saham lama #Mandala



Menurut diono sdh ad beberapa kalangan yg tertarik berinvestasi nmun agaknx mndala lbih prioritaskan investor dlm negeri #Mandala



Hali lain adlah kenyataan bhwa hrga mndala msh sngat mhal krn brbagai kelebihan yg dimilikx #Mandala



Dan di kabarkan indigo tdk tdk akn brsedia dengan mdh mnjual sahamnya #Mandala



Hal positif yg mndala miliki adlah adnya smber daya manusia trmasuk pilot yg msh mmpunyai integritas #Mandala



Dunia bisnis penerbangan nasional jg msh trbuka lbar dgn pangsa psar yg blom tergarap msh ckup besar #Mandala



Nmun mndala jg hrus menuntaskan konflik internal terlebih dahulu dan membuat rencana bisnis yang jelas #Mandala



Maaf ya tuips kalo kultwit saya terlalu bnyak tentang #Mandala

No comments:

Post a Comment