Baiklah, sy akan #kultwit ttg #jilbab. Mgkn versi saya berbeda maupun nambahi dari versi mas @ulil. :)
1) Istilah #jilbab berasal dari bhs Arab ‘jalaba’ yg artinya membawa dan menghimpun. Kemudian mengalami perluasan makna.
2) Di era Rasul, konon yg dimaksud #jilbab adalah seluruh pakaian yg menutupi seluruh badan wanita, dr ujung kepala hingga kaki.
3) #Jilbab dlm arti penutup kepala hanya dikenal di Melayu. Kain penutup kepala di Persia, Arab, Turki, dan Afrika memiliki term lain.
4) Term lain #jilbab, a.l: hijab - Arab, chador - Iran, pardeh di India/Pakistan, milayat - Libya, abaya- Irak, dan charshaf- Turki.
5) Dlm beberapa literatur dijelaskan, bhw term #jilbab bergeser menjadi hijab yg berarti tabir/satir, baru muncul pd thn ke-4 H.
6) Dijelaskan, bhw konon konsep/bentuk #jilbab berasal dari ‘tudung’ Isteri pertama Rasul, yg sdh memakainya sejak era pra-Islam.
7) Artinya, memakai #jilbab sebetulnya melestarikan ‘budaya’ yg prnh dibawa oleh ajaran Hanifiyah Siti Khadijah.
8) Para Cendekiawan Muslim, baik pakar Tafsir, Sejarah, maupun Fiqih, hingga kini msh sj memperdebatkan ttg konsep #jilbab.
9) Diantara perbedaan mengenai konsep #jilbab especially di Indonesia, bisa kita lihat dari pandangan Quraish Shihab yg pakar Tafsir.
10) Gus Dur yg alumni Timteng dlm memandang konsep #jilbab hampir sama dg Quraish Shihab. Menurutnya, kerudung trmasuk jilbab.
OK lanjut, pertanyaan/diskusi ttg #jilbab (dg tdk mengurangi rasa hormat) sy layani setelah epilog.
11) Pro-kontra mengenai #jilbab, tak hanya pada soal konsep. Tapi jg hukum. Keduanya sama2 memiliki Dalil yg kuat.
12) Mayoritas Sarjana Muslim klasik sepakat, bhw konsep #jilbab adalah khilafiah (perbedaan) dlm memahami/menafsiri Ayat.
13) Mnrt pemikir Muslim, baik klasik maupun kontemporer, pro-kontra mengenai hukum memakai #jilbab adalah hal yg lumrah. Bukan aneh.
14) Konsep dan hukum #jilbab itu berkisar ttg batas aurat wanita dewasa (yg dianggap sdh bisa timbulkan “ketertarikan” pada pria).
15) Ayat yg menjadi perdebatan dlm mslh #jilbab ialah QS: 24:31 dan 33:59. Pakar Fiqih sepakat, Ayat tsb tak perlu penafsiran.
16) Menurut Mohamad Asymawi (Ulama progresif Mesir) yg diamini @quraishshihab. Ayat ttg #jilbab tsb dinilai memerlukan penafsiran.
17) Menurut pendapat minoritas tsb, konsep #jilbab dinilai mengandung unsur dhanniy (prediksi) dari pemahaman2 Ulama.
18) Pendapat ttg konsep dan hukum #jilbab, jg dinilai mengandung unsur aktualitasi zaman, yg tercermin dlm logika suatu kaum.
19) That’s why, seluruh Ulama sepakat, bhw tak ada vonis pengkafiran trhdp wanita2 Muslimah dewasa yg tdk memakai #jilbab.
20) Mnrt Ulama lintas Mazhab, perbedaan #jilbab bukan dlm mslh hukum. Tp hanya soal konsep. Mrk semua sepakat, hukumnya WAJIB.
21) Ulama yg meyakini, bhw ayat #jilbab termasuk multi-tafsir, jg meyakini bhw hukum memakainya tak hanya Wajib, tp jg ANJURAN. Apa itu?
22) Anjuran yg dimaksud Ulama minoritas tsb ialah, bhw memakai #jilbab termasuk fadhail (keutamaan), bukan kewajiban.
23) Dlm persepsi Ulama yg katakan #jilbab sbg anjuran, sesuai asumsi bhw menutup aurat bagi wanita Muslimah adlh fleksibel sesuai sikon.
24) Mnurut Imam Nawawi yg diamini Syeikh Qardhawi, aurat wanita muslimah adalah kecuali wajah dan kedua telapak tangan. #jilbab
25) Mnrt versi kalangan Mazhab Maliki (guru Syafii), wanita Muslimah yg cantik, Wajib menutup mukanya dg hijab/cadar. #jilbab
26) Sedangkan Muslimah yg rupanya tdk menarik, menurut Mazhab Maliki dianggap hanya Mustahab (Sunnah) sj dlm memakai cadar. #jilbab
27) Mengapa ada Mazhab yg radikal dlm menentukan aurat hingga #jilbab disamakan dg cadar? Krn mrk khawatir terjadi fitnah.
28) Nampaknya, hanya Ulama Saudi dan Yaman sj yg mendefiniskan #jilbab sbg cadar. Pendapat ini kontra produktif dg Fiqih.
29) Sekte Syiah jg sepakat, bhw hukum memakai #jilbab itu Wajib. Hanya saja, model kain yg mrk pakai berbeda dg Sunni.
30) Utk ketahui seorg Muslimah sbg Syiah atau Sunni, biasanya bs dilihat dr model #jilbab yg dipakai. Yg prnh Haji pasti tahu hal ini.
31) Knp Ayat ttg #jilbab mengandung dualisme interpretasi? Krn Ayat tsb diturunkan dg sebab2 tertentu. Yaitu soal norma/etika Arab.
32) Menurut beberapa Ulama Mesir yg moderat dan progresif, memakai #jilbab bukanlah standarisasi etika seorg Muslimah.
33) Bagi Ulama yg menyebut #jilbab sbg anjuran, menganalogikannya dg berjabat-tangan non Mahram yg jg pro-kontra dlm islam.
34) Artinya, jika berjabat-tangan dg non Mahram tak bs timbulkan syahwat (libido). Maka tak memakai #jilbab jg tak timbulkan fitnah.
35) Mnrt pakar Ushul-Fiqih, berubahnya hukum #jilbab benar2 dipengaruhi ruang dan waktu. Di pelosok Yaman misalnya, cewek wjb pakai cadar.
36) Jadi, bukan mustahil jika seorg wanita (Muslimah atau non) saat kunjungi kaum badui Arab, tak cukup memakai #jilbab, tp jg cadar.
37) Anjuran memakai #jilbab itu hal yg menarik dlm Islam. Knp? Krn tak ada Ulama yg mengatakan jilbab sbg larangan.
38) So jelas sekali, bhw ada dua opsi ttg hukum #jilbab. a. Wajib dan b. Anjuran. Keduanya memiliki dasar yg kuat. Tinggal pilih.
39) Setahu sy, Ulama yg sebut #jilbab sbg Anjuran, jg tdk menyarankan melepas Jilbab bagi mrk yg telah memakainya. Ini fair.
40) Jadi, bila Ulama yg sebut #jilbab sbg Anjuran sj tdk sarankan melepasnya. So far„ Ulama yg sebut sbg Wajib, jgn memaksanya.
41) Konklusinya ialah, #jilbab bukan murni produk Islam. Namun Islam melestarikan budaya yg positif tsb. Wajar kalau ada pro-kontra.
42) Jauh sblm Islam berkembang pesat di tanah Melayu, sebagian Ulama Timteng sdh terbiasa dg perbedaan ttg hukum #jilbab.
43) Kalau sy ditanya, “Anda mengikuti pendapat #jilbab yg mana?” Sy jwb yg Wajib. Knp? Krn ini isi hati nurani sy. :)
44) Bila ada soal, “Bgmn pendapatmu trhdp mrk yg yakin #jilbab sbg Anjuran?” Sy jwb, “Ya hrs dihormati, tanpa merendahkan martabatnya.”
45) Walhasil, biarkanlah perbedaan ttg #jilbab itu berkembang dlm Islam. Tak layak “menghakimi” Muslimah yg tak berjilbab.
46) Kita yakin, seorg Muslimah akan tetap terhormat, meskipun tak memakai #jilbab. Yg pasti, waktu Shalat menutup auratnya. :)
47) Saran sy, buat Mbak2 yg pakai #jilbab, tetaplah cipika/cipiki dg mrk yg tdk memakainya. Jgn tebang pilih. Ini fair.
48) Bila ada seorg wanita yg ber #jilbab merokok pun, jg hrs dihormati. Blm tentu akhlak wanita yg berjilbab dan tak merokok lbh baik.
50) Bila memakai #jilbab lebar dirasa tdk indah? Mengapa hrs memakainya? Toh, yg dianjurkan dlm islam bukan lebarnya bukan?
51) Bgmn dg perda #jilbab di Aceh itu? Nah itu sdh mencederai Islam yg ramah. Bukankah Islam tdk ingin memaksa pemeluknya?
52) Jika Quran sj tak memaksa seseorg utk masuk Islam. Mengapa ada sebagian org yg memaksa seorg Muslimah memakai #jilbab? Ironis.
53) Meski mayoritas Ulama meyakini bhw memakai #jilbab adlh Wajib. Tp hrs diingat, bhw memakainya pun bukan ‘pokok’ Islam.
54) Jika anda menyalahkan Ulama yg mengatakan #jilbab hanya Anjuran. Maka, objektiflah dlm menilainya agar produktif!
55) Jikalau memakai #jilbab yg trendy itu dirasa menarik. Knp memakai jilbab yg jadul? Maukah dianggap Islam rigid?
55) Jika Ulama2 klasik di luar Saudi sj tanpa segan duduk bersama wanita yg tak ber #jilbab. Knp anda yg awam hrs sungkan?
57) Mengapa hanya Ulama dan Pmrnth Saudi yg ‘keras’ ttg aturan soal #jilbab? Krn mrk cenderung menghumi sesuatu dr ‘simbol’ belaka.
58) Pengekangan trhdp #jilbab, biasanya berimbas pada kreatifitas seorg Muslimah. Lihatlah Saudi dan negara2 teluk.
59) Betul kata @msero, bhw Saudi itu jg nggak suci kok. TKW kita sudah pakai #jilbab tp banyak yg diperkosa, disiksa pula.
60) Bgmn hukumnya memakai #jilbab yg tak menutupi dada? It’s OK. Toh tak memakainya aja ada yg membolehkan kok.. Knp ribet?
61) Bgmn jika ada perusahaan/kantor yg melarang Muslimah memakai #jilbab? Itu kan wewenang perusahaan tsb. Proteslah kebijakan tsb.
62) Sekali lg, #jilbab bukanlah barometer ketaqwaan Muslimah. Faktanya, di Timteng yg memakai cadar pun banyak yg “nakal.”
63) Utama mana antara #jilbab dg cadar? Jwbnnya sesuai kondisi lingkungan setempat. Jika di komunitas badui Arab, tentu cadar afdhal.
64) Utama mana antara memakai #jilbab dg tdk? Jwbnya ada pada hati nurani masing2 ttg Hukumnya, (baik yg pro maupun kontra).
65) Apakah seorg Muslimah yg seumur hidupnya hanya memakai #jilbab saat Shalatnya saja tdk terhormat? Tentu tdk!
66) Bila ada larangan memakai #jilbab hrs dipandang dg bijak. Bukankah ada Bank Syariah yg mewajibkan karyawatinya memakainya?
67) Bila anda anggap pelarangan #jilbab sbg intoleransi. Knp anda tak anggap Pramugari yg ketika kerja wjb memakainya sbg pemaksaan?
68) Jika ada dua opsi. Pilih mn, a. Wanita ber #jilbab namun tak cantik, b. Perempuan tak berjilbab namun cantik. Hati akan menjawab.
69) Dlm profesionalitas, ber #jilbab atau tdknya tak menjadi pertimbangan. Krn berjilbab bukan ‘prestasi.’ Jadi jgnlah lebay.
70. Intinya, hormatilah yg ber #jilbab, dan hargailah yg tak berjilbab. Posisikan kedua insan tsb dg adil dan bijaksana. Fair.
71) Tujuan mengetahui aspek histori dan konteks antropologi #jilbab ialah, mengantarkan kpd kita, bhw perbedaan itu Rahmat.
72) Bagi sy, lbh baik kita mengkritisi/mengikuti mindset seorg Muslimah, daripada mengomentari simbol #jilbab-nya.
73) Simbol tak bisa diklaim sbg standarisasi. Bgtu pun #jilbab bukan monopoli Islam. Prnh liat Biarawati memakainya kan?
74) Jadi, jgn mendaku #jilbab sbg murni ajaran Islam, apalagi sampai fanatik Iman dg mengatakan sesat bagi mrk yg tak memakainya.
75) Harapan kita bersama, jadikanlah Muslimah yg “seutuhnya.” Artinya, jgn prnh mempersoalkan #jilbab bagi mrk. Krn itu pilihan.
76) Semoga kita termasuk org2 yg bisa melihat perbedaan #jilbab tanpa mengguruinya, apalagi menghakiminya. Semoga manfaat. cc: @kultuit
No comments:
Post a Comment