Follow kami di: Twitter , Tumblr, Wordpress, dan Facebook

#radik (Radikalisme dalam Islam) oleh @syukronamin

INFO. Sebagaimana janji sy kpd mas @haspahani dan tweeps, sy akan #kultwit ttg ‘Radikalisme dlm Islam’ dg hashtag #radik.



1. Diskursus ‘Fundamentalisme’ sesungguhnya topik klasik, namun selalu aktual. Karena berkorelasi dg Agama. #radik



2. Menurut Romo Magnis, fundamentalis merupakan perspektif teologis seseorg yg mendasarkan pandangan dunianya scara eksplisit. #radik



3. Artinya, Fundamentalisme sangat identik dg Skripturalisme (fanatisme terhadap pendahulu, tanpa mengevaluasi). #radik



4. Term Fundamentalisme mulai muncul pd th 1920, dipakai utk menyebut gerakan Kristiani Ortodoks di AS, yg memprotes Sekulerisme. #radik



5. Saat itu, kaum Kristiani Protestan itu menyerang teologi kaum modernis, yg dianggap ‘liberal’ dlm menafsiri Alkitab. #radik



6. Menurut Bernard Lewis, krn jaman, term Fundamental akhirnya mengalami perluasan makna, shg jg digunakan dlm komunitas Islam. #radik



7. Realita yg brkembang skrg ialah, bhw term Fundamentalisme juga digunakan utk menyebut militansi dan radikalisme dlm Islam. #radik



8. Knp Fundamentalisme di-identik-kan dg Radikalisme? Krn keduanya memiliki kemiripan, sama2 klaim ‘paling murni’. #radik



9. Berbeda dg B. Lewis. Menurut Said Asymawi dlm bukunya ‘al-Islam al-Siyasi’, term Fundamental jutru mengalami penyempitan. Knp? #radik



10. Menurut Abid Jabiri, term Fundamentalis sebenarnya dipakai utk menyebut gerakan2 Ortodoks yg digagas Jamaluddin Afghani. #radik



11. Knp gerakan Ortodoks (Salafiyyah) dikategorikan sbg Radikalisme? Krn tdk ada ‘padanan’ ilmiah yg tepat dlm nonemklatur. #radik



12. Istilah Radikalisme juga dibahas oleh Hasan Hanafi (pemikir Islam progresif Mesir), dlm karyanya ‘al-Din wa Tsaurah’. Apa itu? #radik



13. Menurut Hasan Hanafi, fundamental justru sangat identik dg gerakan kebangkitan Islam dan revivalisme (harmonisasi). #radik



14. Revivalisme dlm Islam dimaknai sbg gerakan ‘reformasi’ modern yg digalang oleh Ulama, sprti Ibn Taimiyyah, Rasyid Ridha, dst. #radik



15. Bagi Hasan Hanafi, Radikalisme dlm Islam semestinya tdk selalu direpresentasikan dg kekerasan, konservatif, kolot, ‘saklek’. #radik



16. Hrs diakui, terkadang radikalisme dlm Islam juga adaptif dg mengelaborasi instrumen2 yg progresif. #radik



17. Radikalisme Islam yg positif itu a.l: adopsi demokrasi (bukan produk Islam), dan pengembangan sains. #radik



18. Hrs diakui jg, bhw Radikalisme tdk selalu berarti close-minded, fanatisme, maupun eksklusif. Tapi juga rasional. #radik



19. Radikalisme Islam sejatinya, tdk senantiasa identik dg: #jidatitem, celana cingkrang, #cadar, Khilafah, dan simbol2 lainnya. #radik



20. Radikalisme Islam telah lahirkan gerakan kemerdekaan melawan imperialisme di dunia Arab, sprti: Sudan, Libya, Mesir, Maroko. #radik



21. Dus, sebenarnya dlm memandang perspektif Radikalisme Islam ada perbedaan, antara versi pemikir Islam dan Barat. #radik



22. Dlm asumsi Barat, radikalisme Islam dianggap muncul sejak Revolusi Iran, kebangkitan Islam di Soviet, Sufisme di Eropa Timur. #radik



23. Dlm asumsi Sarjana Muslim, radikalisme Islam sejatinya memiliki akar sejarah yg panjang. Yaitu sejak munculnya Khawarij. #radik



24. Krn begitu kompleksitas-nya term Radikalisme, maka wajar jika ideologi ini dsebut sbg regresif dan destruktif. #radik



25. Secara umum, ada 3 aspek krusial yg inheren dg fenomena Radikalisme Islam. Apa saja itu? #radik



26. i) Aspek yg menstimulus munculnya gerakan Radikalisme. Ini wilayah Psikolog dan Sejarawan. #radik



27. ii) Aspek teoritis yg menjadikan justifikasi (baca; dalil). Ini lahan Agamawan dan Filsuf. #radik



28. iii) Aspek kekerasan yg diklaim dari penafsiran/pemahaman Teks (Firman/Sabda). Ini tugas Sosiolog. #radik



29. Bgmn dg konteks munculnya gerakan Islam Radikal di Indo.? Seperti #HTI, #FPI, #PKS, MMI, JAT, FUI? Berikut penjelasannya. #radik



30. a) Sebagian komunitas Muslim ada yg kecewa atas gagalnya ‘Piagam Jakarta’ utk menjadi dasar negara. #radik



31. b) Adanya kekecewaan politik terhadap ‘penyumbatan’ aspirasi sebagian Muslim (oleh Orba) yg ingin mengganti Pancasila. #radik



32. c) Antipati trhdp Sekulerisme. #PKS terinpirasi Ikhwan Muslimin Mesir. #HTI terinspirasi Hizbut Tahrir Yerusalem. #radik



33. d) Aktivis Dakwah Kampus ‘kecewa’ terhadap model pembelajaran Sekulerisme. #radik



34. e) Pengaruh model pembelajaran Pesantren2 Radikalis sperti Ngruki, al-Zaytun, al-Islam Lamongan. #radik



35. f) Akibat sentimen Agama, yg dipicu isu Kristenisasi oleh oknum2 Muslim. #radik



36. g) Adanya Ormas maupun Parpol bentukan (baca; yg di-backing) #intel, utk management konflik. #radik



37. h) Akibat pemahaman Islam yg literal, seperti mudahnya ‘mem-bidah-kan dan ‘meng-Kafir-kan’  golongan lain. #radik



38. Dari akumulasi aspek2 krusial tsb, akhirnya memunculkan gerakan2 yg Radikalis, berupa Ormas dan Parpol yg ngakunya Islami. #radik



39. Knp Radikalisme Islam bgtu mudah muncul? Krn distorsi dlm melewati konseptualisasi/doktrinisasi eksklusifisme. #radik



40. Kaum Radikalis seperti HTI itu klaim, bhw Islam mengenal Agama Politik. Pdhl sejatinya tdk ada. #radik cc; @haspahani



41. Quran dan Sunnah (sbg sumber hukum utama Islam) tdk prnh jelaskan sistem yg baku bagi pemerintahan. #radik



42. That’s why, problem yg muncul pertama kali saat Rasul wafat dan tertunda pemakamannya ialah kekuasaan (politik). #radik



43. Kaum Radikalis seperti #HTI dan #PKS klaim, bhw Rasul prnh mendirikan ‘city state’ di Madinah. #radik



44. Kaum Radikalis, sperti #HTI dan #PKS klaim bhw era Khulafa al-Rasyidin merupakan Agama sekaligus Negara. #radik



45. Utk memahami definisi Islam sbg negara Agama atau negara Politik sekaligus?. Sila baca pemikiran2 Khalil Abd Karim. #radik



46. Ada 7 point penting, dlm memahami dikotomi perbedaan Islam sbg Agama, dan Islam sbg Negara. #radik



47. a) Negara Agama dipimpin oleh Rasul (pilihan Tuhan). Sementara Negara Politik dipimpin manusia biasa. #HTI tdk paham ini. #radik



48. b) Negara Agama dipimpin Rasul yg ma’shum. Negara Politik dipimpin manusia biasa yg mudah berdosa. #HTI tdk paham ini. #radik



49. c) Negara Agama dipimpin Rasul yg dpt Wahyu. Negara Politik dipimpin org biasa yg tdk dpt Wahyu. #HTI tdk paham ini. #radik



50. d)Negara Agama yg dipimpin Rasul dijaga Malaikat. Pemimpin negara politik dijaga tentara. #HTI tdk menyadari ini. #radik



51. e) Solusi problematika negara Agama yg dipimpin Rasul via Wahyu. Sedangkan negara politik tdk. #HTI tdk menyadarinya. #radik



52. f) Pemimpin Agama Negara (Sulaiman & Muhammad) memiliki Mukjizat. Sedangkan Penguasa Negara teokrasi ala #HTI tidak. #radik



53. g) Melanggar perintah Rasul akan diancam sanksi Akherat. Sedangkan melanggar Pemimpin Khilafah hanya duniawi. #radik



54. Knp hanya Rasul yg ‘sanggup’ memimpin Agama sekaligus Negara. Krn beliau upto-date terima Wahyu. Khalifah tdk. #radik



55. Ketika Rasul berlakukan sanksi Zina dan Miras, itu atas ‘teguran’ Tuhan. Berbeda dg sistem Khalifah yg hanya Ijtihad. #radik



56. Sistem Khilafah ala #HTI itu sudah tiada sejak Rasul wafat. HTI tolak demokrasi, tapi memakai teokrasi dg dalih Islam. #radik



57. Sebetulnya, model Khilafah yg dianut #HTI itu sistem monarki ala penguasa2 dunia Arab yg rakus jabatan. #radik cc: @ulil



58. Org2 macam anggota #HTI, #FPI, #PKS itu mengira bhw negara2 yg tdk aplikasikan Syariat dianggap Thaghut (Iblis). #radik



59. Jadi, Rasul tdk pernah sebut ‘Khalifah Islamiyah’. Era 4 Shahabat itu namanya Khalifah Al-Rasyidiyyah. #radik



60. Perbandingan antara Negara yg dipimpin Rasul dg Khalifah, sangat jauh berbeda. 3 Khalifah wafatnya terbunuh. #radik



61. Khalifah kedua (Umar bin Khathab ra) wafat dibunuh oleh seorg Majusi krn politik. #radik



62. Khalifah ketiga (Utsman ra) wafatnya dibantai dg tragis oleh demonstran Muslimin. Khalifah #HTI siap? #radik



63. Khalifah keempat (Ali ra) terbunuh di tangan seorg Muslim, yaitu Abd Rahman bin Muljam. Khalifah #HTI tdk sadar ini? #radik



64. Era setelah 4 Khalifah itu bukan lagi Kepemimpinan yg ideal dlm Islam. Semua itu dinatsi. Orientasinya politik. #radik



65. Jadi intinya, janganlah menganggap demokrasi itu sbg Thaghut (tipu-daya Iblis). #HTI pun tdk suci. #radik



66. Khalifah itu cuma halusinasi. Penerapan Syariat Islam itu hanya efektif jika negaranya tdk majemuk, seperti Saudi. #radik



67. AS jajah negara2 Arab dan Afghan bukan krn Agama, tapi karena minyak. Jangan tertipu oleh Hizbu Tahrir. #radik



68. Kalau alasan AS serang dunia Arab krn kristenisasi, itu terlalu murah. Yg dilihat AS bukan Islamnya, tapi minyaknya. #radik



69. Hanya org dungu, yg mengira AS ‘dikte’ Arab krn Islamnya. Di Arab, Agama yg berkembang itu tdk hanya Islam. #radik



70. Jauh sebelum Islam berkembang di Arab, bangsa ini sdh ada Yahudi dan Nasrani. Jgn persoalkan Agama dlm penjajahan. #radik



71. Islam ketika kuasai Yerusalem tdk hancurkan Gereja. Knp #FPI tdk contoh ini? Justru larang Kristiani beribadat? #radik



72. Gerakan2 Reformasi di dunia Arab akhir2 ini bukan bagian dr Radikalisme Islam. Mrk tolak diktator. #radik @gonnyosa



Shahih. #radik RT @Pradhana_Adi: syukronamin konsep negara Islam sendiri itu idenya Abu A’la Al Mawdudi y?



73. Gold, Glory, Gospel hanyalah asumsi Muslim yg paranoid dan intoleren. #radik



74. Org2 yg ngira AS jajah Irak & Afghan itu tdk sadar, kalau Tuhan AS itu Uang, Agamanya Ekonomi. #radik @radith99



LOL. #radik RT @ulil: Jadi khalifah mmg enak, berkuasa tanpa batasan waktu. Harem banyak :D



75. Seharusnya, #FPI itu contoh Rasul yg toleran terhadap pemeluk Agama lain utk dirikan tempat ibadah. #radik



76. #FPI itu ketika merusak Gereja tdk contoh Rasul, tapi mencontoh Raja Saudi yg bantai Syiah. #radik



77. #FPI dan org2 yg neror #Ahmadiyah itu niru Muslim Pakistan dan Iraq yg membantai Muslim lainnya. #radik



+9 #radik “@rendinosa: kenapa Rasul bisa toleran kepada pemeluk agama lain? Karena sudah jelas agama ku agama ku, agama mu agama mu.



78. Pengeboman sesama Muslim di Pakistan antara Sunni vs Syiah. Ini yg ditiru utk teror #Ahmadiyah . #radik



#jleb #radik RT @beensar: Hampir separuh penduduk AS itu atheis.  Jadi saya pikir, AS bukan representasi  kristen  @syukronamin



79. Intinya, kekerasan dlm bersikap itu berawal dr pemahaman. Jadi berpikirlah secara rasionalis dlm berAgama itu. #radik



80. Agama itu Etika. Jadi kalau ada yg tdk sopan seperti #FPI, maka blm memahami esensi Agama. #radik



81. Agama itu nasehat. Kalo #HTI masih tdk menerima nasehat2 Ulama agar tdk memaksakan Khilafah. Maka blm memahami Agama. #radik



82. Agama itu indah. Jadi simpatisan @pksmesir yg ancam Kafir gara2 sendal itu, blm memahami substansi Agama. #radik



83. Definisi Agama sesuai Hadits itu variatif, tdk hanya nasehat, tapi juga ‘husnu-hulq’ (baiknya etika). Radikalis itu oknum. #radik



84. Akhirnya, mari bersikap objektif dlm menyikapi gerakan2 Radikalisme Islam. Jgn sampai meng-Kafir-kan. Sekian. #radik cc: @kultuit

No comments:

Post a Comment