Follow kami di: Twitter , Tumblr, Wordpress, dan Facebook

#character (Brand Character) oleh @The_Marketeers

Pagi Tuips, minggu ngomongin “brand character” asyik juga kayaknya. #character



dulu, istilah brand dianggap lebih suci dibanding marketing. brand rasanya, lbh abstrak,  magis, dan agung.  #character



tapi, istilah brand kemudian mulai dianggap negatif . branding dianggap sbg kegiatan menghias diri dan mengosmetikkan sesuatu. #character



brand #character ini penting di era New Wave krn kebohongan tak dapat lagi dilakukan di era serba transparan dan saling ter-connect ini



brand #character penting krn skrg informasi benar/salah mudah didapat & sekali ketahuan berbohong, rusaknya makin parah



sebab itu, ada peralihan dari konsep (brand-positioning-differentiation) menuju (character-clarification-codification)  #character



so, di era New Wave, BRAND adalah KARAKTER.  Karakter adalah isi sesungguhnya (the true self) dan bukan sekadar bungkus . #character



Google, MTV, misalnya, selama jiwa mereka konsisten, bungkusnya bisa saja berubah-ubah. Tapi, #character nya tetap & org mengenalnya.



Google sering berubah-ubah logo dengan aneka grafis berbeda. Tapi, orang tetap mengenalnya kalau itu Google. #character



brand bisa menjadi karakter berkarisma. Karakter yg konsisten akan jadi karismatik dan memancarkan aura. #character



positioning brand di era New Wave adalah pengklarifikasian persona brand itu.  Dulu, positioning= posisi dan janji pada konsumen. #character



di era New Wave, dlm clarification, yg penting bukan janji, tapi siapa karakter brand sesungguhnya. #character



di era new wave, diferensiasi menjadi kodifikasi (DNA). Dulu, diferensiasi  sbg asal beda, bahkan sifatnya tempelan semata. #character



kodifikasi DNA brand punya 3 ciri: 1). orisinalitas (kita pencipta konsep perbedaan itu, bukan meniru keunikan yg lain) #character



Ciri ke-2 kodifikasi DNA brand : memiliki komitmen &kontinuitas dlm menjalankannya, tak setengah hati atau coba-coba. #character



ciri ke-3 kodifikasi DNA brand: benar2 dipercaya dan diyakini oleh yg menjalankannya, bukan hanya berpura-pura. #character



di era New Wave, konsumen harus bisa mengetahui isi brand Anda yg sebenar-benarnya— the True You! #character



Butuh upaya “walk the talk”:  bukan skdr branding tapi #character yg solid &didukung nilai2 otentik yg mengakar dari dalam keluar.



Google, Facebook, Harley Davidson, The Body Shop, Ducati, Nutella, dsb adlh contoh perusahaan2 yg walk the talk.  #character



so, di era New  Wave, yg penting bukan lagi brand-building, tapi character-building . #character



#character brand ini tak lain: truthfulness, respect, responsibility, fairness, care, dan citizenship khususnya pada konsumen.



kesimpulannya, A brand WITHOUT CHARACTER  is NOTHING.  #character



Sekian tuips. Selamat melanjutkan berbagi hangat dengan keluarga masing2.  Mandi dulu hi hi :) #character



Silakan :) > “@innasHH: @the_marketeers izin posting ttg twit  #character tadi di notes :) menyertakan sumbernya kok ;)) boleeeh..?”

No comments:

Post a Comment